Brilio.net - Masa tua idealnya dihabiskan dengan bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Sayangnya, hal tersebut tak dapat dirasakan oleh setiap orang. Segelintir di antaranya mau tak mau dipaksa oleh keadaan untuk tetap banting tulang demi diri sendiri maupun keluarga.

Kepiluan ini pun turut dirasakan dari kisah kakek berusia 80 tahun di Surabaya. Usia senjanya, lelaki yang diketahui bernama Suwaji tersebut masih giat untuk berdagang bakso keliling.

Dikutip brilio.net dari akun TikTok @rayanrizky22, Selasa (24/11), Suwaji biasa berjualan di depan toko bangunan Norton arah ke Universitas Wijaya Kusuma Surabaya di Jalan Dukuh Kupang. Ia mulai menjajakan dagangannya saat siang hari, yakni sekitar pukul 13.00 WIB.

"Ketemu kembali dengan Mbah Suwaji penjual bakso usia 80 tahun di Surabaya Barat," tulis sang pemilik akun @rayanrizky22 dalam video yang diunggahnya.

Permasalahannya, dagangan Suwaji yang dibanderol dengan harga Rp 13 ribu ini kerap kali sepi pembeli. Lebih-lebih pada kondisi seperti saat ini, di mana pandemi Covid-19 belum juga usai. Alhasil, ia pun sering berjualan sampai dengan pukul 22.00 WIB demi menunggu dagangannya laris.

Loading...

Tak jarang, dirinya pun jatuh tertidur saat tengah berjualan. Dengan mengandalkan kursi plastik, ia pun tertidur dengan posisi badan meringkuk.

@rayanrizky22

Mo nangis ##surabaya ##surabayatiktok ##surabayahitz ##kulinersurabaya ##fyp ##fyp ##fypdongggggggg ##sedekah ##masukberanda ##berandafyp ##berbagiilmu

original sound - MITTY ZASIA

Pilunya lagi, keempat anaknya pun tak pernah lagi mengunjunginya. Mereka pergi merantau dan tak pernah pulang selama bertahun-tahun. Sementara itu, kini Suwaji hanya tinggal berdua bersama dengan sang istri di sebuah kos-kosan kecil.

"Beliau di sini tinggal hanya berdua sama istrinya, ngekos. Anak beliau 4 orang sudah tidak pernah mengunjungi beliau," lanjut @rayanrizky22.

Kendati demikian, hal tersebut tak mengecilkan hatinya. Dengan segenap niat dan tenaga yang ada, Suwaji tetap bekerja dengan penuh semangat.

@rayanrizky22

Aku open donasi teman ##surabaya ##viral ##surabayahitz ##surabayatiktok ##fypsurabaya ##masukberanda ##berandafyp ##fyp ##fyp ##sedekah ##berbagiilmu

original sound - SlideGossip Channel

Atas sikapnya itu, sosok Suwaji ini pun menuai banyak pujian. Kisahnya pun menjadi viral di TikTok dan disukai oleh lebih dari 30,6 ribu penonton. Tak sedikit yang turut merasa salut akan perjuangan Suwaji yang masih giat mencari nafkah pada usia senja.

"Mudah-mudahan lelahnya menjadi berkah ya bapak, sehat-sehat ya bapak. Udah mau nangis aja. Di usia yang harusnya istirahat masih harus mencari nafkah," tulis @mei.cancer.

"Enak loh baksonya. Aku pernah beli di bapaknya, asli kalian harus bener-bener nyobain," sambung @natapanda12.

"Baksonya enak. Bapaknya juga ramah. Asli semangatnya yang bikin iri. Sudah tua tapi tetep semangatnya luar biasa. Semoga sehat terus," tulis @septyahmad.

RECOMMENDED BY EDITOR