Brilio.net - Di balik kesuksesan seseorang, akan ada sosok-sosok berjasa yang sudah membantu memberikan dukungan. Salah satu yang terpenting adalah guru.

Besarnya jasa guru membuat mereka dijuluki Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Ilmu yang diberikan guru membuat murid memiliki pengetahuan yang lebih luas dan menentukan masa depan. Tak hanya mulia, profesi guru juga memberikan dampak besar untuk generasi penerus.

Namun, menjadi guru tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi para guru. Salah satunya adalah soal kesejahteraan, terutama bagi guru honorer.

Bukan menjadi rahasia lagi, banyak keluhan yang dirasakan guru honorer karena memiliki pendapatan yang tidak sepadan. Bahkan kondisi ini membuat sejumlah guru honorer harus lebih sabar ketika belum menerima gaji.

Situasi ini juga terlihat di salah satu sekolah dasar yang diketahui berada di Purworejo, Jawa Tengah. Sebuah video beredar di Twitter menunjukkan beberapa siswa yang sedang mengerumuni meja guru.

Loading...

Dalam video yang diunggah @yanbudi18 itu terlihat sejumlah murid sedang menagih permen yang dijanjikan sang guru. Mereka mempertanyakan mengapa orang yang disebut 'pak guru' itu belum menerima gaji.

"Kalian ngapain pada ngerubung pak guru?"

"Pak guru kok belum gajian?"

"Mau apa kalau pak guru sudah gajian?"

"Katanya mau beliin permen?"

Untuk menangkan, guru tersebut meminta para siswanya untuk mendoakan agar ia bisa seger menerima gaji.

"Ya besok to kalau pak guru sudah gajian. Makanya doain biar pak guru gajian, ya?"

"Aamiin," jawab anak-anak itu.

Akun @yanbudi18 yang mengunggah video tersebut merasa miris melihat kondisi ini. "Teriris-iris rasanya kalo ditanya seperti ini. Maafkan pak guyu ya nak. Pak guyu cuma guru hororer (Yg gak pernah jelas dapat upahnya)," tulis akun itu.

Video singkat berdurasi 31 detik itu menyita perhatian publik. Tak sedikit yang merasa terenyuh dengan kondisi yang dialami guru tersebut.

"YaAllah Miris liat negara ini yang gak memperhatikan para pendidik di indonesia ini. Padahal kalo ga ada guru, kita ga punya penerus bangsa," begitu tulis salah satu akun.

"Jika didunia kau tak dapat balasan yang seimbang seperti apa yang kau berikan setidaknya tuhan sudah menyiapkan sesuatu yg luar biasa nantiWajah menangis kencangWajah menangis kencang semangat buat guru2 honorer," ungkap warganet lainnya.

RECOMMENDED BY EDITOR