Brilio.net - Meski dalam kasus tertentu praktikum menggunakan tumbuhan tidaklah sulit untuk dilakukan, namun harus diakui bahwa waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar. Lebih-lebih jika praktikum tersebut melibatkan proses penanaman. Tak hanya lama, proses tumbuhnya pun harus diamati dan dirawat setiap hari.

Permasalahannya, berpraktikum di kala pandemi seperti ini memiliki tantangan yang lebih berat. Tidak adanya lahan khusus yang bisa dijadikan area menanam membuat tanaman praktikum rawan jadi sasaran tangan-tangan usil, baik yang disengaja ataupun tidak. Pedihnya, hal itu terpaksa turut dirasakan oleh seorang cewek berikut ini.

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @dwiretnorahayu20, Kamis (14/1), diketahui bahwa Dwi Retno Rahayu mendapat tugas praktikum untuk menanam kangkung. Setiap hari, ia diharuskan untuk melakukan pengamatan dan mencatat perkembangan dari kangkung yang ditanamnya.

Akan tetapi, di tengah masa tanam yang belum usai, kejadian ngenes pun menimpanya. Kangkung yang telah dirawatnya selama beberapa waktu tiba-tiba saja raib di tangan sang ibu. Dalam penuturannya, Dwi mengatakan bahwa ibundanya tak tahu bahwa kangkung yang ditanamnya tersebut merupakan bagian dari tugas praktikum.

Kocaknya, keapesan tersebut baru diketahui Dwi ketika dirinya membuka status WhatsApp sang ibu. Dalam status tersebut sang ibu mengunggah foto kangkung yang ditanam Dwi dengan caption panen.

Loading...

praktikum kangkung © TikTok

foto: TikTok/@dwiretnorahayu20

"Ceritanya lagi nanem kangkung buat praktikum, kurang lebih sebulanan. Tp kyknya si ibuk gatau kalo itu buat praktikum. Tbtb pagi2 liat story wa nya," tulis @dwiretnorahayu20 dalam video yang diunggahnya.

praktikum kangkung © TikTok

foto: TikTok/@dwiretnorahayu20

"Tuhkann!! dipanen dong buat masak," lanjut @dwiretnorahayu20.

Sontak, video berdurasi singkat yang telah ditonton lebih dari 450 ribu kali itu pun menjadi viral di media sosial. Terhitung hingga kini, unggahan tersebut telah mendapat lebih dari 24 ribu likes dan menuai ragam komentar dari warganet.

Menariknya, tak sedikit di antara netizen tersebut yang lantas turut membagikan cerita uniknya saat tengah menjalani praktikum. Mulai dari yang kocak hingga bahkan yang tak kalah ngenesnya.

"Kalau gw udah nangis. Untung mama paling anti megang tanaman yang gue tanem. Sampe pernah izin metik bayam padahal gue di YK mama di PLG," tulis akun River.

"Lagi pengamatan penyimpanan cabe dikulkas, besoknya pas mau diganti ilang tuh cabe, tau taunya dipake emak gueee, hikssss," komentar akun gulugulu.

"Sabar hyung ini bagian dari ujian. Bengek bengek deh," tulis akun anaknya bapak Kasir.

"Kalo aku jadi gurunya langsung kukasih nilai A karena berbakti pada ibu," komentar glrmndy disertai dengan emot ngakak.

RECOMMENDED BY EDITOR