Brilio.net - Anak-anak akan melewati fase di mana mereka meniru dan mengidentifikasi diri dengan orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu, sebagai orangtua, ada baiknya jika kita selalu berhati-hati dan bijak untuk melakukan segala sesuatu. Pasalnya, hal yang kita lakukan sedikit banyak akan ditiru maupun berdampak kepada anak.

Belakangan, di media sosial viral video seorang bocah perempuan berumur dua tahun asal Florida, Amerika Serikat yang nekat 'menyerahkan diri' kepada polisi dengan tangan terangkat. Bukan tanpa sebab, sang ayah yang tengah mengendarai sebuah mini truck bersama seluruh anggota keluarga, mendadak dihentikan oleh kepolisian setempat. Sang ayah diduga melakukan aksi perampokan sehingga membuatnya terpaksa diamankan oleh kepolisian Tallahassee.

Pria yang diringkus tersebut tengah membawa sang istri dan kedua anaknya yang masih balita sebelum diamankan. Sewaktu polisi menodongkan senjata dan meminta dirinya menangkapnya, pria tersebut pun mengangkat kedua tangannya tanda ia tak melawan. Momen penangkapan itu rupanya direkam oleh salah seorang yang tengah melintasi jalan tersebut. Tak lama setelah pria itu menuju mobil polisi dan menyerahkan diri, sang anak, yang berusia 2 tahun berusaha keras untuk turun dari mobilnya.

Bocah tersebut tampak kesulitan saat harus turun dari mobil yang dikendarai ayahnya. Namun, tak lama kemudian, kakinya berhasil menginjak tanah. Tanpa aba-aba, sang bocah berjalan menuju ke arah polisi dan mengangkat kedua tangannya seolah-olah menyerahkan diri. Dia melakukan hal yang sama persis dilakukan oleh sang ayah.

Momen anak kecil menyerahkan diri ke polisi itu dibagikan oleh akun Facebook Bernard M Stevens Jr., dan membuat banyak orang merasa sedih.

Loading...

Dilansir brilio.net dari Unilad.co.uk, Senin (21/1), perekam video mengatakan bahwa balita tersebut berusaha keluar, sebelum mencoba meniru orangtuanya berjalan ke arah polisi. Tidak ada yang memerhatikan anak tersebut meskipun kendaraan berlalu lalang. Sampai beberapa saat kemudian, seorang wanita yang dilaporkan adalah ibu dari sang balita, mendekatinya dan menggendong anak tersebut.

Video yang telah dibagikan lebih dari 8.700 kali tersebut pun viral dan menjadi perhatian warganet dan membuat mereka geram dengan sikap polisi yang seolah membiarkan sang anak berjalan di tengah lalu lalang kendaraan dan para polisi yang bersenjata. Banyak dari mereka yang meminta polisi menunjukkan kepeduliannya terhadap anak tersebut.

Untuk menjawab keluhan netizen ini, polisi Tallahassee pun merilis video bodycam di halaman Facebook Departemen Kepolisian Tallahassee. Dalam video tersebut, polisi melakukan klarifikasi dan menjelaskan bagaimana mereka menangani anak-anak dalam situasi tegang seperti itu.

"Rekaman bodycam menunjukkan kepedulian petugas terhadap anak-anak dan belas kasih mereka ketika mereka mengizinkan ibu untuk merawat anak-anak. Sang ibu, yang merupakan seorang tersangka, meminta seorang petugas untuk menggendong anaknya yang berusia 2 tahun saat dia mengambil bayi itu dari kursi mobil. Saya bangga dengan bagaimana petugas menangani situasi, bagaimana mereka beradaptasi ketika mereka menyadari anak-anak, tingkat kepedulian dan kasih sayang yang mereka tunjukkan kepada keluarga," terang Polisi seperti dikutip dari Unilad.co.uk.

RECOMMENDED BY EDITOR