Brilio.net - Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB. Ibunda Jokowi tutup usia pada 77 tahun. Presiden Jokowi mengungkapkan jika sang ibunda mengidap sakit kanker selama empat tahun terakhir. Hal ini disampaikan Jokowi di rumah duka pada Rabu malam.

"Ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker. Sudah berusaha dan berikhtiar, tapi Allah menghendaki lain," ujar Jokowi seperti dilansir dari Liputan6.com, Kamis (26/3).

Semasa hidupnya, Jokowi sangat dekat dengan sang ibunda. Bahkan Jokowi selalu meminta restu pada ibunda ketika akan berkompetisi di Pilkada maupun Pilpres. Sosok ibunda seakan tak pernah berhenti memberikan dukungan serta doa pada putranya tercinta.

Mengenang lebih jauh, bertepatan pada Hari Ibu pada 22 Desember 2018 lalu, orang nomor satu di Indonesia itu pernah memberikan sebuah pesan indah pada ibunda. Jokowi mengucapkan banyak terima kasih atas semua perjuangan yang dilakukan ibu Sujiatmi selama ini.

pesan hari ibu presiden jokowi © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Sekretariat Kabinet RI

"Ibu mohon maaf saya tidak sowan dan sungkem di Hari Ibu ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua perjuangan ibu,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Bagi Jokowi, ibu merupakan sosok yang selalu menguatkannya dengan senyuman penuh keikhlasan, bahkan ketika usahanya pernah mengalami kebangkrutan. Ia selalu mengingat bagaimana semangat dari ibunda untuk tetap optimis.

"Saya ingat ibu terus memberikan semangat kepada saya untuk tetap optimis, untuk sekolah di mana saja. Ketika usaha saya bangkrut juga ibu menguatkan dengan senyum yang sangat ikhlas, seakan mengatakan untuk terus, terus berikhtiar, terus tetap berikhtiar," sambung Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan tidak akan bisa membalas kebaikan sang ibunda selama ini. Namun sebagai seorang anak, Jokowi berjanji menjadi anak yang terbaik.

"Ibu, saya tidak mampu membalas semua kebaikan dan perjuangan ibu, namun saya akan berusaha, terus menjadi putra ibu yang baik. Putra ibu yang terbaik," tutupnya.

Setelah menyaksikan video, ibunda Jokowi seolah tak mampu menahan air mata harunya. Kala itu ibunda Jokowi sedang menghadiri acara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Sementara Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berikut video selengkapnya: