Brilio.net - Menjelang Hari Raya, tingkat kriminalitas pencurian semakin marak. Dengan dalih butuh uang untuk pulang kampung dan sebagainya, pencuri nekat melakukan tindakan tersebut meski risikonya malah jadi nggak bisa mudik. Tentu saja, kalau tertangkap bukannya sampai ke kampung halaman malah mendekam di balik jeruji besi.

Namun belakangan ini viral sebuah kisah unik pencurian mobil di Pati, Jawa Tengah. Kasus ini bisa dibilang unik sebab pencuri mobil mengembalikan hasil curiannya serta menuliskan surat permintaan maaf.

Dilansir brilio.net dari akun Facebook Yuni Rusmini, aksi pencurian ini dilakukan sebelum Ramadan. Tepatnya pada tangal 1 Mei 2019, pelaku mencuri mobil, TV dan perhiasan. Belum diketahui barang curian ini diambil dari satu rumah atau beberapa tempat.

pencuri kembalikan mobil curian surat maaf © Facebook/yuni.rusmini

foto: Facebook/yuni.rusmini

Tapi anehnya, sebuah mobil merek Ertiga berwarna silver ditemukan di kebun karet yang dijadikan kandang ayam. Mobil ini diparkirkan di tempat yang jauh dari pemukiman. Namun ketika ditemukan, ada sepucuk surat yang ditinggalkan pencurinya di mobil ini.

Dalam surat tersebut, sang pencuri mengaku hatinya tergugah untuk mengembalikan mobil ini. Namun ia merasa menyesal karena tidak bisa mengembalikannya dalam keadaan sedia kala. Selain itu, ia juga mengungkapkan kalau barang-barang berharga yang ada di dalam mobil telah dijual untuk beli makan dan bensin.

pencuri kembalikan mobil curian surat maaf © Facebook/yuni.rusmini

foto: Facebook/yuni.rusmini

"Assalamualaikum
.
Dengan segala maaf sebesar-besarnya
.
Dengan ini saya telah tergugah hati saya untuk mengembalikan mobil anda. Dengan keadaan yang kurang sempurna seperti sediakala.
Mohon maaf ya pak/mbak.
Sedangkan barang yang lainnya, sudah saya buat makan dan beli bensin.
.
Mohon maaf ya.
Semoga anda sekeluarga diberikan keselamatan, kesehatan dan rezekinya lancar.
.
Amin Amin
Ya Rabbal Alamin
.
Ttd
Hamba Tuhan yang tak luput dari dosa," bunyi surat tersebut.

 

Masih menurut akun Yuni Rusmini, mobil ini milik Sri Hartatik, warga Desa Mojojati, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mobil berwarna silver ini ditemukan pada Senin (27/5).

Fenomena pencuri mengembalikan mobil dengan surat permohonan maaf ini pun mendapat perhatian warganet. Banyak yang menduga-duga mengapa pencuri tersebut mau mengembalikan mobil dan meninggalkan surat permohonan maaf.

"Mungkin sejatinya dibukan maling tapi kepepet mungkin jdi lom sebringas maling yg sesungguhnya," tulis akun @Kroya Iyang.

"Padahal uda berhasil tu. mungkin dia insyaf," ujar akun Ve.

"Maling nya sering nonton azab Indosiar," kata akun Alenna Willson Hutapea.