Brilio.net - Masing-masing orang memiliki kebiasaannya sendiri. Ada yang dilakukan secara sadar, namun ada juga yang tidak. Kalau kebiasaan yang dilakukan masih dalam tingkat dan tidak membahayakan sih boleh saja. Namun kamu harus segera berhenti jika hal itu semakin memperparah kondisimu.

Hal ini juga yang diingatkan oleh pemilik akun TikTok @wks2302. Perempuan itu mengaku memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibirnya. Mungkin hal ini tampak sepele, bahkan banyak orang yang melakukannya. Namun hati-hati, karena kebiasaan yang satu ini membuat gadis itu mengalami gangguan kesehatan pada bibirnya.

Efek kebiasaan mengelupas bibir © TikTok

foto: TikTok/@wks2302

"Pliss buat kalian yang suka ngelopekin bibir stop gais hilangkan kebiasaan itu. Awal mula baik-baik saja. Cuma aku menyangka itu hanya sariawan. Yuk semangat berjuang sembuh," tulis @wks2302.

Melalui sebuah video singkat, ia menjelaskan memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir. Tanpa sadar hal itu memberikan perubahan pada permukaan kulit bibirnya. Pada awal kondisi, bibirnya tampak baik-baik saja. Akan tetapi beberapa waktu kemudian tampak perubahan yang ia duga sebagai sariawan.

Efek kebiasaan mengelupas bibir © TikTok

foto: TikTok/@wks2302

Dua hari kemudian, kondisi bibir pemilik akun @wks2302 pun berubah tampak semakin kering. Benjolan yang ia duga sebagai sariawan juga terlihat semakin jelas. Sehari sesudahnya, kondisi itu pun semakin parah dengan ditandai munculnya nanah pada area bibir.

Tak mau membiarkan begitu saja, ia pun memeriksakan diri ke dokter. Rupanya, nyeri yang ia rasakan diakibatkan oleh infeksi.

"Sudah kubawa ke dokter kulit ternyata itu infeksi," terangnya.

Akibat kebiasaan tersebut, ia mengaku harus menahan rasa sakit setiap malam. Pemilik akun @wks2302 pun menekankan agar tidak ada lagi orang yang memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir seperti dirinya.

Efek kebiasaan mengelupas bibir © TikTok

foto: TikTok/@wks2302

"Disini benar-benar stres gimana supaya cepat sembuh. Setiap malam tidak bisa tidur menangis melulu karena kesakitan. Plis banget TEMEN " hilangkan kebiasaan itu Disini ak juga masih berjuang melawan sakit," tambahnya.

Memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir mungkin sudah dilakukan banyak orang. Hal ini juga tampak dari kolom komentar pemilik akun tersebut yang mengaku memiliki kebiasaan yang sama.

@wks2302

Plis banget TEMEN " hilangkan kebiasaan itu Disini ak juga masih berjuang melawan sakit ##stopngelopekin ##ngelopekbibir ##xyzbca

original sound - musikstory_

 

"Gw yang lagi ngelopekin trus ngeliat ini jadi berhenti," respons @fiyaimptr

"Memutuskan untuk stop sekarang, terimakasih udah mengingatkan," komentar @diniklubis

"Gua nonton sambil ngelopekin bibir, langsung tangannya diturunin merenung," tambah @suaramuu