Brilio.net - Bangsa Indonesia hari ini sedang merayakan HUT RI ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019. Semua instansi pemerintah dan juga masyarakat luas melaksanakaan Upacara 17 Agustus hari ini. Salah satu barisan menjadi perhatian publik Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Meski persiapan matang sudah dilakukan termasuk menggembleng Paskibra, ada saja kejadian di luar rencana saat Upacara 17 Agustus. Kejadian tersebut bisa karena kesalahan teknis atau bisa juga karena salah satu personel pengibar bendera mengalami kendala di lapangan.

Seperti yang terjadi pada Paskibraka di Kabupaten Morowali Utara. Teriknya sinar matahari tidak melunturkan semangat anggota Paskibra yang melaksanakan upacara di sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia tersebut.

Dalam unggahan Facebook akun Info Palu pada Sabtu (18/8) disebutkan kaki pembawa baki Merah Putih tertusuk paku pada saat pengibaran bendera. Meski sempat terganggu, akhirnya Sang Saka Merah Putih berkibar. Sang pembawa baki tersebut tetap melaksanakan tugas meski kakinya terluka.

Dia adalah Dina Nursadilah Toadji, siswi SMAN 1 Petasia, Morowali Utara. Dina didaulat sebagai pemegang baki bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-74 tahun Republik Indonesia. Di tengah berlangsungnya upacara di lapangan kantor Bupati Morowali Utara, sepatu Paskibra Dina tertusuk paku berkarat dan menembus kaki sebelah kanan.

Loading...

Paku berkarat berukuran 7 cm tersebut menembus sepatu yang ia kenakan. Melihat hal itu, teman-temannya sesama Paskibra pun panik dan langsung melarikan Dina ke RS Kolonodale untuk mendapat pertolongan medis. Beruntung, usai mendapat perawatan medis kondisi Dina kembali dinyatakan sehat dan normal.

Tak hanya kaki Dina yang tertusuk paku, dalam unggahan Info Palu tersebut terungkap Upacara 17 Agustus berlangsung di lapangan yang berlumpur. Dalam foto tersebut tampak seragam Paskibra dipenuhi oleh lumpur. Namun demikian, para petugas pengibar bendera tetap sigap dan tegap menghiraukan deburan lumpur yang ada di lapangan tersebut.

"Kejadian salah satu anggota Paskibraka Kab. Morowali Utara tertusuk paku ditengah pelaksanaan Upacara HUT Republik Indonesia ke 74 hari ini (17/08/2019).

Meskipun mengalami insiden tertusuk paku Paskibraka pembawa baki bendera merah putih ini tetap melanjutkan tugasnya hingga selesai. Upacara juga dilaksanakan dalam kondisi lapangan yang kurang baik karena lapangan yang berlumpur," dikutip brilio.net dari laman Facebook Info Palu.

Unggahan ini pun menjadi perbincangan warganet. Banyak warganet yang salut dengan perjuangan dari Paskibra ini. Dalam waktu lima jam, unggahan ini sudah dibagikan 18 ribu kali dan mendapatkan ribuan komentar. 

"Kagum aku liat anak INDONESIA yg berguna bagi nusa dan bangsa semoga kelak jadi anak yg sukses amienn, " ucap akun Kunani Drw

"Luar biasa semgat para peserta PASKIBRA sungguh saya terharu dengn niat tulus para pesrta,tnpa sadar q meneteskan airmata dg smgat klian anak2 Indonesia... smga alloh swt memberi kalian kesehatan,limpahan rizky buat pra PASKIBRA, " tulis Xoxain Ariez Susanto.

"Sangat terharu adik...serasa pengen nangis melihat pengorbanan yg luar biasa...mengemban tugas yg di berikan padamu hingga TUNTAS...jgn menyerah dek kobarkan jiwa patriot didalam jiwa bakar semangat di dalam dada yakin dik kam pasti bisa...ayo semangat 45 dek...merdeka...merdeka....merdeka, " sebut akun Nanna Pery Sy.

RECOMMENDED BY EDITOR