Brilio.net - Saat menjalani prosedur operasi, seorang pasien biasanya akan dibius agar area tubuh tertentu mati rasa atau diberikan obat agar tertidur selama beberapa waktu. Namun apa yang dilakukan pasien wanita di Hangzhou, China ini justru bikin geleng-geleng kepala.

Ibu-ibu yang berusia 69 tahun ini meminta agar yang dibius mati rasa hanya kakinya saja tanpa perlu jalani bius total. Tujuannya ternyata agar ia bisa mengabadikan operasi lewat smartphone miliknya.

Menggunakan aplikasi WeChat, ibu ini mengajak beberapa teman-temannya di sekitar lingkungan rumah untuk menyaksikan operasi yang dijalaninya secara live. Tak hanya itu, ia juga memotret tindakan para dokter dan perawat selama menjalani operasi 18 menit di kakinya.

operasi live © 2017 shanghaiist.com

 

Biasanya, ponsel tidak diperbolehkan di ruang operasi. Namun menurut informasi dari Shanghaiist yang dikutip brilio.net, Selasa (25/4), dokter membuat pengecualian untuk ibu bermarga Zhu tersebut karena ia mengaku merasa gugup menjalani operasi.

Zhu mengatakan bahwa dirinya ingin mengabadikan kondisinya yang memprihatinkan setelah bekerja berpuluh-puluh tahun sebagai teknisi bengkel.

Operasi yang ditujukan untuk mengobati varises di kaki Zhu hanya membutuhkan bius lokal sehingga ia bisa sadar sepanjang waktu. Tapi tetap saja, kecanduan menggunakan ponsel merupakan 'penyakit' baru yang sedang dialami tapi mungkin tak ia sadari.