Brilio.net - Tingkat perekonomian setiap orang memang berbeda-beda. Apalagi dengan kebutuhan sehari-hari yang tak sedikit jumlahnya. Karena itu, bekerja keras adalah solusinya. 

Namun, bagaimana jika seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau sedang mengalami sakit sehingga tak bisa bekerja? Orang-orang seperti ini biasanya akan mengusahakan segala cara untuk mendapatkan uang.

Seperti kisah yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok tentang seorang kakek yang rela berkeliling kota dengan membawa beberapa map di tangannya. Kakek itu melakukan hal tersebut dengan tujuan untuk berobat dan operasi kepala karena penyakit yang dideritanya.

Kisah kakek yang rela keliling kota bawa map TikTok

foto: TikTok/@alyafuadiyah

"Suka keinget sm orangtua sendiri kalo liat bpk”/kakek” dijalan yg lg membutuhkan apalagi sakit kaya gini," ungkapnya sebagai keterangan video unggahannya, seperti yang telah brilio.net lansir dari akun TikTok @alyafuadiyah, Senin (22/8).

Video yang berdurasi 39 detik tersebut diunggah oleh akun TikTok @alyafuadiyah pada (21/8). Dalam video tersebut tampak sang pemilik akun sedang duduk di suatu kedai makan bersama temannya. Namun, saat itu tiba-tiba datang seorang kakek tua yang membawa beberapa map di tangannya. Ia sempat mengira jika kakek tersebut sedang berjualan map, sampai akhirnya ia memanggil kakek itu karena merasa tidak tega.

Kisah kakek yang rela keliling kota bawa map TikTok

foto: TikTok/@alyafuadiyah

"Aku kira kakek ini lagi jualan map gitu karna beliau bawa map banyak. Dan sehabis itu beliau kita panggil karna kita ga tega," tulisnya dalam cuplikan video.

Lebih lanjut, sang kakek pun menghampirinya. Dan dengan sopan kakek tersebut memberikan satu map yang dibawanya. 

Setelah membuka salah satu map yang diberikan kakek, Alya yang tak lain adalah pengunggah, mengungkapkan bahwa sang kakek ternyata sedang membutuhkan biaya untuk bedah saraf tulang kepala. Bahkan, yang semakin membuatnya tak tega adalah ketika kakek tersebut membuka topi untuk menunjukkan kondisi kepalanya.

Kisah kakek yang rela keliling kota bawa map TikTok

foto: TikTok/@alyafuadiyah

Kakek yang diketahui bernama Pak Sahri tersebut menuliskan beberapa kalimat dalam map yang di bawanya.

"Nama, Pak Sahri. Mohon minta bantuan donasi kepada dermawan yg terhormat untuk biyaya oprasi bedah syaraf tulang kepala di Rumah Sakit Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat. Terimakasih," begitu tulis kakek tersebut.

Tak sampai di situ saja, Pak Sahri juga menyertakan bukti-bukti di dalam mapnya seperti fotocopy KTP, surat pengantar, dan SKTM. Hal itu dilakukannya agar orang-orang tidak menganggapnya berbohong dan menipu. 

Jadi, selama ini Pak Sahri rela berkeliling kota setiap hari bahkan hingga malam untuk meminta donasi agar dirinya bisa secepatnya melakukan operasi dari penyakit yang dideritanya tersebut. Apalagi dirinya yang saat itu sedang sakit, sama sekali tidak membuatnya menyerah.

Kisah kakek yang rela keliling kota bawa map TikTok

foto: TikTok/@alyafuadiyah

Karena hal itulah, video ini menjadi viral. Sampai saat ini videonya telah ditonton sebanyak 4,1 juta kali dan menuai lebih dari 9.000 komentar beragam dari warganet. Banyak warganet yang dibuat tidak tega dan menyarankan untuk membuka donasi untuk sang kakek agar lebih cepat mendapatkan biaya guna tindakan operasi. Tak sedikit juga yang mendoakan Pak Sahri agar selalu sehat dan dilancarkan rezekinya.

"open donasinya kirim kemana guys?kakeknya hrus cpt diOP biar cepet sehat kembali," komentar pemilik akun @10283y011710j2739q.

"Kadang suka mikir, ini anak-anak yang besarnya atau keluarganya kemana, sehat selalu kek, keinget alm kakek," celetuk dari akun @noufaloktvyn_.

"paaakk sehat sehat selalu,panjang umur,lancar rezeki bapak aamiin allahumma aamiin," ungkapan doa dari pemilik akun @.cakelouve.

"Aku pernah ketemu smaa kakenya di saparua beberapa bulan yang lalu, sempet ngobrol kakenya bukan orang bandung kalau gasalah dan suka tidur di rs," cerita pengalaman yang sama dari akun @aard13, yang pernah bertemu dengan Pak Sahri sebelumnya.

"YaAllah gabisa aku kek gini pasti nanges," tulis pemilik akun @almightyrish.

@alyafuadiyah Suka keinget sm orangtua sendiri kalo liat bpk”/kakek” dijalan yg lg membutuhkan apalagi sakit kaya gini #percaya #fyp #fyp #fypdongggggggg #viral #bandung #trending janji setia - gabut woi