Brilio.net - Ada ungkapan yang mengatakan, kucing merupakan hewan yang paling disukai manusia. Selain anjing, kucing menjadi hewan dipilih untuk dipilahara. Bukan hanya dinilai sebagai hewan yang penurut, alasan lainnya tentunya bentuk tubuh kucing serta bulunya yang tebal membuat banyak orang gemar memeluknya.

Namun pada kenyataannya, kehadiran burung rupanya bisa menjadi ancaman tersendiri bagi populasi hewan lainnya. Apalagi bila dibebaskan ke alam liar, kehadiran kucing-kucing ini mungkin saja akan membuat hewan seperti burung terancam kehidupannya.

Dikutip brilio.net dari dailymail.co.uk, Tony Duckett yang merupakan petugas konservasi taman kerajaan di London mengaku selama ini kucing terlalu banyak membunuh burung. Pria yang bekerja sebagai penanggung jawab burung langka di Regents Park, London itu menjelaskan kucing penyebab utama  kematian pada unggas.

kucing 27 burung © 2019 brilio.net

foto: dailymail.co.uk

"Yang disebut hewan peliharaan ini seharusnya tidak boleh berkeliaran dengan bebas, berjalan-jalan di kebun orang lain, atau membunuh burung," jelasnya.

Diketahui, dalam setiap tahunnya kucing bisa membunuh 27 juta burung. The Mammal Society, badan amal Inggris yang didedikasikan untuk penelitian dan konservasi mamalia Inggris, burung yang paling banyak terbunuh oleh kucing yakni burung gereja, burung biru, dan burung jalak.

Sebaliknya, dikutip dari Dailymail, belum lama Natural England mengeluarkan wacana untuk mengeluarkan linsensi baru mengenai aturan petani yang diperboleh membunuh gagak demi melindungi hewan ternaknya. Di mana burung gagak dengan aksinya mematuk mata domba dan menyantap anak burung.