Brilio.net - Kamu seorang pengemudi mobil? Kalau iya, kamu pasti sering meninggalkan barang-barang kecil dan sepele di bagian dalam mobil seperti di atas dasbor atau jok. Ya kan? Entah disengaja atau tidak, ternyata barang kecil yang kamu tinggalkan itu sebenarnya bisa berdampak pada keselamatanmu dan orang lain, lho..

Khususnya pada siang hari nih, di mana saat panas matahari sedang sangat menyengat. Panas sinar matahari itu bahkan hingga menembus ke dalam mobil. Khususnya untuk mobil yang tak terparkir pada tempat yang teduh.

Nah, dikarenakan sinar matahari tersebut, barang-barang kecil nan sepele yang biasa kamu tinggalkan ini bisa menjadi bencana. Barang-barang tersebut bisa saja terbakar atau menyebabkan ledakan, dikarenakan terkena panas terlalu lama.

Lalu apa saja lima barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan di mobil? Berikut daftarnya seperti yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/2).


1. Power bank.

jangan tinggalkan di mobil © berbagai sumber

foto: Facebook/Tan Heng Swee


Power bank memang barang yang paling dibutuhkan ketika sedang bepergian. Tapi lebih baik jangan tinggalkan benda ini di mobil apalagi ketika cuaca sedang terik.

Beberapa kali terjadi kasus power bank yang meledak saat ditinggalkan pemiliknya di dalam mobil. Terkena panas dalam jangka waktu yang lama bisa membuat power bank mudah meledak.


2. Tempelan gantungan kaca.

Tempelan seperti ini banyak ditemui terpasang di kaca depan maupun belakang mobil. Benda ini biasanya berfungsi untuk menempel hiasan seperti boneka dan sejenisnya.

Namun siapa sangka, ternyata benda ini jika terkena panas matahari langsung bisa menghantarkan panas dan membakar benda yang ada di dalam mobil.


3. Kacamata.

jangan tinggalkan di mobil © berbagai sumber

foto: pixabay.com


Banyak pengemudi yang meninggalkan kacamatanya di atas dasbor mobil. Padahal sebagian kacamata ini terbuat dari kaca pembesar yang bisa menghantarkan panas jika terkena matahari langsung.

Dampaknya bisa membakar sesuatu di dalam mobil kamu. Dan bisa bayangin kan, apa yang selanjutnya akan terjadi pada mobilmu?


4. Korek api gas.

jangan tinggalkan di mobil © berbagai sumber

foto: pixabay.com


Ini nih, yang paling sering terjadi. Bagi perokok, korek api yang tertinggal pasti menjadi hal yang mengesalkan. Apalagi kalau tertinggalnya di dalam mobil, lebih baik cepat-cepat diambil, deh.

Pasalnya, jika korek api gas yang terlalu lama terkena panas bisa menimbulkan ledakan. Bisa saja kemudian menyebabkan mobilmu terbakar. Jangan sampai, ya!


5. Air mineral botol.

Benda sepele lainnya yang berbahaya jika ditinggalkan di dalam mobil yaitu air mineral botol. Benda ini paling sering ditemui ditinggalkan di mobil. Botol plastik yang terisi air jika terkena sinar matahari dapat menghantarkan panas yang bisa membakar sebuah benda.