Brilio.net - Mimpi Nico Sarapang, seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, yang termasuk daerah terdepan Indonesia ini terbilang sederhana. Ia ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia (UI) setelah lulus sekolah. Namun impiannya tersebut terancam pudar karena masalah biaya.

Masalah biaya itu juga mendorong Nico menulis surat terbuka kepada Rektor UI. Ia menuliskan keresahannya akibat mendengar kabar kampus idamannya bakal menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun 2016.

Membuka surat terbuka yang ditulisnya, Jumat (12/2), Siswa XII SMAN 1 Tanjung Selor menceritakan, bahwa selama sejarah sekolahnya berdiri sejak tahun 1979, hingga sekarang tak ada satu pun alumni yang diterima di UI.

"Jujur, sejauh ini, alumni sekolah saya sejak berdirinya pada tahun 1979 belum ada satu pun yang lolos masuk UI. Saya menyampaikan demikian dikarenakan persaingan untuk masuk UI sangatlah berat, terutama bagi kami, yang berasal dari daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal)," bunyi surat terbuka itu yang dikutip brilio.net dari akun Serikat Mahasiswa UI, Minggu (13/2).

Isi surat terbuka siswa SMA untuk rektor UI ini bikin haru, apa ya?

Selain itu, siswa yang bercita-cita masuk program studi Hubungan Internasional tersebut juga menyampaikan secara rinci permasalahan dana bagi para siswa asal daerah 3T. persoalan itu membuat anak muda di daerahnya seakan kalah sebelum berperang karena kesan 'horor' UI yang terkenal mahal.

"Sayangnya, di saat saya hampir mengakhiri jenjang SMA dan melanjutkan studi ke universitas, saya justru mendapatkan informasi dari berbagai sumber bahwa UI akan menaikkan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk mahasiswa baru.  Saya yakin bahwa bukan hanya saya yang berpikiran demikian, ada ribuan teman saya di luar sana, yang mungkin sekarang kembali bimbang untuk masuk UI karena naiknya biaya UKT itu," sambungnya.

"Oleh karena itu, saya memohon dengan sangat kepada Bapak Rektor UI untuk tidak menaikkan biaya UKT di Universitas Indonesia. Saya menghormati Bapak dan akan selalu menghormati Bapak. Tapi saya sangat memohon agar Bapak tidak menaikkan UKT. Ini surat permohonan dari saya," pintanya.

Berdasarkan penelusuran brilio.net, belum ada informasi resmi terkait besaran UKT UI tahun 2016, namun untuk Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk Prodi Hubungan Internasional menurut web resmi UI, www.ui.ac.id, besarannya mencapai Rp 5 juta per semester.