Brilio.net - Malaysia dan Indonesia sebagai tetangga satu rumpun mempunyai banyak persamaan dalam hal budaya. Sayangnya, banyak budaya Indonesia yang diklaim menjadi milik Malaysia. Mulai dari Reog Ponorogo, Cendol, dan bahkan artis seperti Agnez Mo dan Raisa.

Yang terbaru, Kebudayaan Kuda Kepang ternyata menjadi tema dalam kostum nasional Miss Grand Malaysia. Kostum berjudul "Kuda Warisan" ini menuai kontroversi karena kemiripannya dengan budaya jawa ini. kostum ini dipakai untuk mempromosikan kebudayaan Malaysia sebagai kostum nasional. Kostum ini dibawakan oleh Sanjeda John yang merupakan Miss Grand Malaysia 2017.

Miss Grand internasional © 2017 brilio.net

foto: Facebook/@Missgrandinternational

Dalam postingannya, Kementerian pariwisata Malaysia sudah mengklarifikasi bahwa kostum tersebut memang terinspirasi dari budaya Jawa. Dia menyebut komunitas jawa yang ada di Johor, Malaysia sebagai simbol kesatuan dan keberagaman dari Malaysia. Menurut postingan tersebut, kebudayaan jawa telah menyebar di daerah utara Johor, Perak, dan Selangor.

Banyak warganet yang menyayangkan pemilihan tema kostum ini.

"Jawa itu berasal dari Indonesia bukan dari Malaysia, Kenapa orang Malaysia tidak menggunakan budayanya sendiri? stop mengklaim dan menggunakan budaya indonesia di even internasional," ujar akun Facebook @lionchan.

"Ini tradisi Jawa bukan Malaysia," ujar akun Facebook @Giny Cimut.