Brilio.net - Sebagai orang tua, mengurus anak harus sabar dan ekstra perhatian. Orang tua tidak boleh lengah untuk memperhatikan tingkah laku anak. Apalagi jika mengajak anak ke tempat publik, seperti mal.

Jika tidak diawasi dengan saksama, hal tak terduga bisa terjadi tanpa diinginkan. Seperti yang terjadi di Langham Place, Mongkok, Hong Kong baru-baru ini. Seorang anak tidak sengaja menjatuhkan patung Lala Teletubbies di sebuah mal.

Diketahui harga Teletubbies tersebut senilai lebih dari 52 ribu Dollar Hong Kong atau setara Rp 100 juta. Dalam sebuah video yang diunggah di situs hongkongfp.com, terlihat seorang anak kecil tanpa sengaja menjatuhkan patung Lala Teletubbies. Ia terlihat hendak bersandar pada patung itu.

bocah pecahkan boneka lala senilai 100 juta © hongkongfp.com

foto: hongkongfp.com

Tanpa diduga, patung tersebut jatuh dan pecah berkeping-keping. Sang anak hanya terlihat menunduk di bawah menatap patung yang telah hancur tersebut. Diketahui, sang orang tua diminta untuk mengganti rugi patung yang rusak tersebut.

Patung boneka Lala tersebut didesain oleh KK Plus, sebuah toko mainan di Hongkong. Dari insiden itu, orang tua sang anak diminta untuk mengganti hanya sekitar 33 ribu dolar Hongkong atau sekitar Rp 60 juta. Insiden tersebut menjadi perdebatan di publik. Hal ini karena sang anak tidak bersalah karena tidak sengaja menjatuhkan patung tersebut.

Dikutip dari hd-stheadline.com, pengacara Lu Weixong menjelaskan jika anak-anak di bawah 10 tahun tidak perlu menanggung beban pidana. Sementara, pertanggungjawaban perdata tergantung pada usia tingkat pendidikan dan hal-hal yang dapat dilihat secara umum. Semakin muda usia anak, semakin kecil pula pertanggungjawabannya.

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR