Brilio.net - Tak hanya performa mesin, tampilan kendaraan motor atau mobil juga patut diperhatikan. Sebagus dan semahal apapun performa mesin dan onderdil, namun kalau tampilannya berdebu tentu jadi tampak tidak menarik.

Tapi apa yang dialami oleh akun Facebook Slamet ini bakal bikin kamu sadar, kalau mencuci kendaraan ternyata diperlukan kehati-hatian juga. Pasalnya, di grup Facebook Info Cegatan Jogja, Slamet bercerita bahwa motornya terbakar sehabis ia cuci.

cuci motor terbakar © Facebook/info cegatan jogja
foto: Facebook/info cegatan jogja

Dilansir brilio.net dari grup Info Cegatan Jogja, Senin (30/7), Slamet baru saja mencuci motornya dengan tujuan agar bersih dan kinclong. Setelah dicuci, ia pun memanasi motor tersebut untuk meyakinkan tidak ada air yang masuk ke area busi motor atau semacamnya. Setelah selesai dipanasi dan mesin dimatikan, ia pun memarkir motornya di tempat biasa dan ditinggal masuk rumah untuk tidur.

Menurut pengakuannya, ia terbangun karena tercium bau sangit yang ternyata berasal dari motor yang baru saja ia cuci. Ketika dicek, motornya tersebut sudah terbakar api. Padahal ia sudah memastikan mesin dalam keadaan mati dan tidak ada sumber api di sekitar motornya tersebut.

cuci motor terbakar © Facebook/info cegatan jogja
foto: Facebook/info cegatan jogja

"Pemisi om admin sekedar pembelajaran, kronologi kemaren sore kejadian menimpa motor saya,, niat hati biar bersih kinclong motor dicuci Diresiki selesai terus dipanasi. Stelah itu diparkir ditempat sperti biasanya..
Saat saya tinggl istrht tidur tiba2 tercium bau sangit trnyata itu berasal dr motor yg sya cuci td..
Kira2 knp bs terbakar ya lur, padahal kondisi mesin mati, sekitarnya jg TDK ada sumber api..
Lokasi mbkd kepurun manisrenggo klaten," tulisnya.

Insiden yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah ini pun menjadi perhatian di grup Facebook tersebut. Banyak warganet yang mengira bahwa api tersebut bersumber dari korsleting kabel yang terkelupas.

"SUMBER UTAMA ADALAH ACCU (AKI MOTOR)
ARUS KABEL (+) DARI AKI MOTOR MENGELUPAS DAN MENGENAI BODI MOTOR. YANG KEMUDIAN TERJADILAH PERCIKAN API DARI KABEL AKI. KEMUDIAN MENYAMBAR SELANG BENSIN YANG MENGARAH KE KARBURATOR MOTOR (YANG SEPERTINYA TELAH MENGALAMI KEBOCORAN) AKHIRNYA TUMBUHLAH API DISEBAGIAN SELANG.
SELANG BENSIN KEBAKAR YANG KELUAR YA BENSIN TERUS. MAKANYA API SEMAKIN LAMA SEMAKIN BESAR. WONG PODO KARO DI GRUJUK BENSIN TERUS," tulis akun Wahyu Kwuklinski.

"Kabele konslet mas coro listrik, kalau ada kabel yang terkelupas lalu terkena air," tulis akun Adinda Latifia Fisabililah.

"Konslet paling kui mas," tulis Irvan Toni.

cuci motor terbakar © Facebook/info cegatan jogja
foto: Facebook/info cegatan jogja

Tapi namanya juga warganet, banyak dari mereka yang malah memberi komentar ngawur.

"Ganti mobil wae kayae cocok mas. Dari pada mtr mlah terbakar," tulis Dion.

"Langkah pertama foto dulu baru siram atau siram dulu baru foto mana yg benar !!!????," tulis akun Ari Wbw.

"Mugkin pas di tinggal istirahat ada yg iseng bakar motor nya mas," tulis akun Rian Bacpo.