Brilio.net - Ribuan warga Kenya beberapa hari lalu hidup tanpa listrik. Penyebabnya karena sabotase yang dilakukan seekor monyet kecil di pembangkit listrik bertenaga besar.
 
Akibatnya, ribuan rumah di ibu kota Kenya, Nairobi tanpa listrik, Rabu (8/6) meski KenGen mengumumkan telah menyelesaikan masalah tersebut sehari sebelumnya.

Peristiwa ini terjadi setelah monyet liar itu terjatuh di atas transformator setelah naik ke atap Pembangkit Listrik Tenaga Air Gitaru di Provinsi Timur Kenya.

Perusahaan Listrik Negara Kenya (Kenya Electricity Generating Co/KenGen)  dalam posting di akun Facebook menjelaskan, akibat kejadian itu Kenya kehilangan daya listrik hingga 180 Megawatt (MW) yang memicu padamnya listrik secara nasional selama 4 jam.

BACA JUGA: Kepala nyaris terbelah, kakek ini masih mampu mengendarai mobil ke RS

Pembangkit listrik Gitaru memiliki kapasitas tenaga terbesar yang dapat mensuplai seperlima kapasitas kebutuhan energi di negara itu, sebanyak 225 MW.

“Instalasi listrik KenGen dijamin dengan pagar listrik untuk menjaga dari gangguan hewan. Kami menyesal dengan insiden ini dan perusahaan akan mencari cara untuk lebih meningkatkan keamanan di semua pembangkit listrik kami,” posting KenGen dalam akun Facebooknya.

Kini monyet “nakal” itu berada dalam pengawasan yayasan penampungan hewan liar, Kenya Wildlife Service.