Brilio.net - Merawat wajah agar kulit menjadi sehat kini menjadi rutinitas sehari-hari bagi kaum hawa. Nggak heran ya kalau kini sudah banyak produk perawatan wajah dengan beragam manfaat. Namun tetap harus waspada, karena ternyata ada beberapa produk yang bisa membuat wajah malah mengalami hal mengerikan.

Buat para cewek yang suka menggunakan masker wajah seperti sheet mask, hati-hati ya. Baru-baru ini, pihak berwenang di China melakukan pemeriksaan besar-besaran pada berbagai model masker wajah atau sheet mask seperti brilio.net lansir dari China Press, Kamis (27/9).

Dilakukan pemeriksaan itu rupanya menyusul banyak keluhan konsumen yang menderita reaksi alergi. Banyak yang mengalami wajah bengkak sementara mata mereka sulit terbuka setelah menggunakan beberapa masker wajah dari Guangzhou City Cosmetics.

Inspeksi mengejutkan mengungkapkan bahwa beberapa merek ternyata memiliki masalah. Misalnya, bakteri yang ditemukan di Bovey Fashion mask telah melampaui batas sebanyak 7.200 kali, yang ternyata mengganggu bakteri alami yang ada di kulit.

sheet mask china  © 2018 brilio.net


Seperti yang diketahui, bakteri alami ini bertanggung jawab untuk melawan mikroba penyebab penyakit. Masker Wajah yang dipenuhi bakteri kemudian dikonfirmasi sebagai tiruan oleh pihak berwenang.

sheet mask china  © 2018 brilio.net

Sementara itu, dua merek lain ditemukan telah menambahkan glukokortikoid secara ilegal, hormon steroid ke dalam produk. Memang benar, bahwa hormon khusus ini efektif melawan peradangan dan bahkan dapat mengecilkan pori-pori di wajah.

Namun, jika digunakan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan berbagai efek samping. Mulai dari diabetes, osteoporosis, pengguna lebih rentan terhadap infeksi, kulit tipis dan muncul stretch mark.