Brilio.net - Menjadi wisatawan tentu mesti mematuhi aturan-aturan di tempat yang dikunjungi, baik yang tertulis maupun yang sekadar kesepakatan publik. Contohnya soal aturan parkir di jalan.

Parkir di bahu jalan tentu bukan perilaku baik sebab akan mengurangi kelancaran arus lalu lintas. Seperti yang diperlihatkan dalam sebuah video yang diunggah Rangga Yudha Wahyuningpraja berikut ini.

Sebuah mobil pelancong diparkir sembarangan menyebabkan kereta tak dapat melintas. Pasalnya, di jalan raya tempat parkir itu tepat berada sebuah perlintasan kereta api yang masih aktif.

Mobil Toyota Avanza silver berpelat nomor B itu ditinggalkan di Jalan Slamet Riyadhi Solo, Jawa Tengah. Ketika ada kereta yang hendak melintas, warga berkerumun untuk mencari tahu ke mana si pemilik mobil. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (8/9) itu sontak menghebohkan warga sekitar.

"Di halo-halo ya nggak kedengaran," kata suara seorang ibu-ibu dalam video.

"Ini pemilik model nggak jelas, udah tahu kereta mau lewat mobil di tengah jalan, di tengah rel kereta ," tutur orang yang memvideokan.

Kereta yang masih melintas di rel tersebut adalah KA Bathara Kresna dan kereta uap Jaladara.

"Yang jelas, itu video kiriman teman saya mas. Bukan saya yang shoot," aku Rangga ketika dihubungi brilio.net, Rabu (13/9).

Rangga menuturkan, kejadian ini telah berulang kali. Namun sayangnya, warga tidak ada yang memeeringatkan agar tidak memarkir kendaraan di atas rel tersebut. Jika pemilik mobil tak kunjung ketemu, maka mobil bisa diderek. Bahkan pernah kejadian mobil terpaksa diangkat beramai-ramai.

Menurut Christian Teguh, pemilik mobil cukup sulit ditemukan.

"Diumumkan 5 kali baru di pindah. Yang punya mobil jagong di Danarhadi, yang ngunduh mantu bpk/ibu AKP. Pak polisinya sampai mengumumkan sendiri sampai capek. Hehe," tulisnya melalui kolom komentar.

Berikut videonya: