Brilio.net - Atlet hoki asal India mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan usai tampil dalam Olimpiade Tokyo 2020. Vandana Katariya, yang merupakan penyerang dalam tim hoki, menjadi pusat cercaan kasta setelah kalah dari tim Argentina dalam babak semifinal.

Dilansir brilio.net dari The Quint, tim Katariya sejauh ini sudah memberikan prestasi yang membanggakan. Bahkan sebagian besar negara memberikan pujian kepada tim putri itu. Sayangnya, justru beberapa orang menghujat kasta keluarga Katariya di kampung halamannya, Haridwar.

Diketahui, dua pria mengotori halaman rumah Katariya setelah beberapa jam tim tersebut kalah. Selain itu pelaku juga melontarkan hinaan kepada kasta ke keluarganya. Mereka bahkan mengejek dengan mengatakan bahwa kekalahan tim dikarenakan "terlalu banyak pemain Dalit".

Atlet India mendapat cercaan © Istimewa

foto: Instagram/@olympic_india

Sementara itu, saudara laki-laki Katariya, Shekhar menceritakan sempat terkejut ketika melihat rumahnya diserang oleh dua orang pria dari kalangan atas. Bahkan Shekhar pun mengenal oknum yang berasal dari desanya itu. Padahal, meski tim sang adik gagal dalam pertandingan, namun ia merasa bangga dengan pencapaian tersebut.

"Ketika kami pergi ke luar, kami melihat dua pria dari desa kami, kami mengenal mereka dan mereka adalah kasta atas, menari di depan rumah kami," begitu pernyataannya kepada The Times of India.

Setelah kejadian ini terungkap, petugas berwenang bergerak mengatasi permasalahan ini. Salah satu pelaku akhirnya berhasil diamankan oleh polisi setempat. Meski begitu, kondisi ini menjadi sorotan publik di media sosial. Dalam akun Twitter, tampak banyak orang mengungkapkan kekecewaan, melihat kondisi yang dialami keluarga Katariya. Terlebih lagi dengan tindakan penghinaan kasta akibat gagal melaju ke babak semifinal.

Atlet India mendapat cercaan © Istimewa

foto: Twitter/@subhsays

"Memalukan.. kontribusi mereka benar-benar nol dalam olahraga, tetapi melecehkan pemain kami.. Ini adalah pemain India kami sendiri dan kami akan mendukung mereka apakah mereka menang atau kalah," komentar @devenkadu71

"Ini menyedihkan! Benar-benar menyedihkan keadaan buruk negara kita hari ini #DalitLivesMatter," tulis @CedricPrakash

"Realita India bagi mereka yang berusaha menyangkal identitas kasta. Pria 'kasta atas' melecehkan anggota tim hoki wanita dengan meneriakkan 'terlalu banyak pemain Dalit'," tambah @sagarikaghose