Brilio.net - Orderan fiktif masih menjadi momok menakutkan bagi driver ojek online. Penipuan ini memang sulit ditebak datangnya. Namun biasanya, orderan makanan atau minuman dengan jumlah banyak dan nominal besar sangat memungkinkan kalau itu orderan fiktif.

Satu-satunya yang sangat dirugikan atas kejadian ini tentunya driver. Beberapa kali kisah yang viral dan sukses bikin prihatin warganet. Tapi belum lama ini kembali terjadi penipuan berkedok order makanan via ojek online. Kali ini korbannya adalah seorang bapak yang mendapat order pesan ke restoran burger. Nggak main-main, driver ojek online sampai merugi Rp 663 ribu karena orderan fiktif tersebut.

Dilansir brilio.net dari unggahan akun bernama @CB97enthus, Rabu (9/10), ia menceritakan kalau driver ini merupakan ayah dari rekan kerjanya. Ketika semua pesanan dibawa ke alamat pemesan, driver ini tidak menemukan alamat atau orang yang memesan burger-burger tersebut. Hingga akhirnya ia menyerah dan menyadari kalau baru saja kena tipu.

Akun tersebut juga mengunggah foto sang driver yang sedang terduduk lesu. Wajahnya menatap kosong, disaksikan beberapa bungkus burger yang pemiliknya masih misterius. Driver tersebut merugi karena pemesan membayar secara tunai, bukan pakai uang elektronik. Jadi, driver ini harus membayar burger tersebut baru dapat ganti ketika ia bertemu dengan pemesannya.

"Papa dari kka yg ada di tmpt kerja aku di jahatin orang, jadi ada yg pesen Burger dg total 600k lebih tpi pas di samperin ga ada orang nya. Si yg jahatin order bayar tunai ya tmn2 :( papa nya lagi bingung sekarang karna di isengin orang :(," ujar akun @CB97enthus.

Usai diunggah belum lama ini, postingan tersebut pun jadi perhatian warganet. Kemudian banyak dari mereka yang membantu untuk membuat laporan kepada perusahaan ojek online Grab, untuk mengurus masalah itu.

Beruntungnya, driver tersebut dikabarkan sudah mendapat uang ganti dari Grab. Hal ini diungkapkan oleh pemilik akun @CB97enthus yang berkomunikasi dengan anak dari sang driver. Pihak Grab juga mengonfirmasinya lewat kolom komentar di postingan tersebut. Kabarnya, sang driver sudah mulai narik seperti biasanya.

Hingga kini, cuitan akun @CB97enthus telah di-retweet sebanyak lebih dari 21 ribu kali. Meski kasusnya telah selesai, banyak warganet yang turut prihatin dan memberikan semangat kepada driver.

"ini satu2nya alasan gw sebagai driver grab ga pernah set budget grabfood diatas 200rb, karena order fiktif itu mainnya diatas budget segitu," tulis akun @jnessy_.

"YaAllah jahat bgt itu 600 rb loh,hukum karma berlaku," kata akun @jinnieseokjinii.

"Mau ngeluarin sumpah serapah dulu deh buat yg order," ujar akun @eyeshotca.