Brilio.net - Jika kamu ingin menjadi dokter ahli tentu bukan hal yang mudah. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan tahapan pendidikan yang panjang agar dapat diakui sebagai dokter ahli bersertifikasi.

Namun, apa yang dilakukan oleh Mohamad Irwan (25), ini benar-benar bikin geleng-geleng kepala. Demi menjadi dokter gigi, ia memutuskan memperoleh pengetahuan kedokteran gigi hanya bermodal menonton tutorial dari YouTube.

Pemuda asal Malaysia itu pertama kali membuka praktik dokter gigi pada tahun 2015. Praktik yang berdiri di Kota Kuantan, Malaysia itu pun melayani berbagai prosedur untuk pasiennya, seperti pencabutan gigi, membersihkan gigi, dan memperbaiki kawat gigi.

dokter palsu ini dikecam setelah buka praktik © 2017 worldofbuzz

Sebagaimana dikutip dari laman Worldofbuzz, Jumat (27/1), Selain belajar dari YouTube, Irwan juga mengaku kepada hakim bahwa ia memperoleh semua pengetahuan kedokteran giginya melalui majalah medis. raktik dokter gigi abal-abal miliknya baru terungkap pada November 2016. Meskipun tidak ada kejadian fatal selama ia menjalankan praktik, Irwan tetap dianggap bersalah oleh pengadilan karena meniru profesi dokter gigi merupakan pelanggaran serius.

Pengadilan setempat pun memberi denda sebesar 40.000 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 120 juta. Selain itu ia juga diberi peringatan keras untuk tidak mengulangi perbuatannya.