Brilio.net - Wisuda tentu jadi momen paling diimpikan oleh mahasiswa. Namun apa jadinya jika seseorang sudah menyelesaikan studi justru tak bisa wisuda karena kampusnya ditutup? Kejadian pilu ini dialami oleh mahasiswi Institut Teknologi Medan (ITM). Lewat unggahannya di TikTok, wanita yang diketahui bernama Ayu ini pun menuliskan curhatannya.

Awalnya ia mengunggah foto diri dengan memakai kemeja putih lalu memperlihatkan potret tugas akhirnya. Tampak tugas akhirnya ini berisi banyak catatan untuk direvisi. Setelah menyelesaikan tugas akhirnya, Ayu justru dihadapkan pada fakta bahwa ia tidak bisa diwisuda karena perizinan kampusnya sudah dicabut. Sebagai gantinya, Ayu akan mendapat ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

"Nasib kami berbeda. Kampus kami ditutup. Yang lebih parahnya kami tidak ada wisuda. Cuma dapat ijazah dari dikti," tulisnya dikutip brilio.net dari TikTok @ayuyulansari_ pada Senin (18/10).

Curhat pilu mahasiswi gagal wisuda © 2021 brilio.net

foto: TikTok/@ayuyulansari_

Di akhir videonya, wanita itu menyampaikan permintaan maaf pada kedua orang tuanya dan memberi semangat untuk mahasiswa ITM lainnya. Ia juga mengungkapkan, ditutupnya kampus ITM telah menghancurkan harapan orang tua para mahasiswa.

"Hancur sudah harapan orang tua kami," ungkapnya di keterangan video.

Video ini pun banyak dikomentari oleh warganet. Tak sedikit yang mengaku prihatin dengan kejadian ini.

"Senasib sama aku Bedanya aku semester 5 dan sekarang jadi ngulang semester 1. Btw semangat terus kak," tulis @vaachy.

"Nggak kebayang susahnya mutar otak malah diprank kampus bertahun-tahun," komentar @unknown.

"Jadi yayasan yang punya ITM ini sengketa rebutan lahan yayasan yang mengakibatkan berhentinya sistem pembelajaran di kampus sangat lama sekali," imbuh akun @bisnisolehot.

@ayuyulansari_

Hancur sudah harapan orang tua kami

feel this moment - elfixsounds