Brilio.net - Setiap manusia di dunia ini dilahirkan tidak selalu sempurna. Ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan penyandang disabilitas yang terkadang dipandang sebelah mata. Namun jika orang itu bisa mengatasi kekurangannya, ia juga bisa hidup layaknya manusia normal lain.

Siapa bilang penyandang disabilitas tidak bisa bekerja seperti orang lain? Driver ojek online tunarungu satu ini membuktikannya. Meski memiliki keterbatasan pada pendengaran, driver yang tidak disebutkan identitasnya ini tetap bisa berinteraksi dengan penumpangnya.

Curhatan haru diunggah oleh pemilik akun Twitter @ogiklo. Belum lama ini ia kebetulan mendapat driver tunarungu saat memesan ojek online. Namun menurutnya, driver ini punya cara unik agar bisa berinteraksi dengan penumpangnya.

Salah satu kodenya adalah tepuk pundak. Pada helm driver ini ditempelkan sebuah kertas penuh tulisan. Isinya adalah kode tepuk pundak tersebut. Jika penumpang memberikan arahan belok ke kanan, maka tepuk pundak sebelah kanan driver ini. Begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk mengisyaratkan berhenti, tepuk saja kedua pundak driver itu.

 

curhat penumpang dapat driver tunarungu © Twitter/@ogiklo

foto: Twitter/@ogiklo

 

Selain kode itu, pemilik akun @ogiklo juga menyebutkan kalau driver ini seringkali mengajak ia berinteraksi lewat kaca spion. Salah satu kaca spion diarahkan ke penumpang sehingga driver ini bisa melihat gerak bibir penumpangnya saat berbicara.

"Komunikasi baik antara konsumen dengan penyedia jasa adalah bentuk profesionalitas. Membuat bahasa sendiri juga nunjukin kalau bapak ini punya integritas tinggi," ungkap pemilik akun @ogiklo pada cuitannya, seperti brilio.net lansir pada Rabu (7/8).

Ada satu lagi sikap driver yang membuat warganet salut. Sebelum dijemput, pria itu sempat balas-balasan chat dengan driver untuk menginformasikan posisinya. Saat itu, sang driver meminta izin untuk menunggu sebentar. Sebab, ia tidak mau melawan arah saat menjemput. Ia memilih untuk mencari jalan putar balik dan mempersilahkan penumpangnya untuk menunggu sedikit karena harus jalan memutar.

"Maaf saya skip. Integritas 110% ada di bapak ini ketika play by the rules: 'tapi saya gak mau lawan arus pak.'
7 bintang/dari 5," puji @ogiklo.

 

 

Usai diunggah pada beberapa waktu lalu, curhatan pria itu pun viral di Twitter. Hingga kini, cuitannya telah dibagikan lebih dari 22 ribu kali. Banyak warganet yang mengaku salut dengan perjuangan driver tunarungu tersebut.

"'Ngga mau ngelawan arus' Mereka yg disabled pun lbh menghargai nyawa drpd yg normal," tulis akun @alfreddonaoenz.

"Keren ngga mau lawan arus," kata akun @01idham.

"ini baru manusia TOP BGT! sukses teruslah buat masnya. dan makasih utk ojol yg sudah mempekerjakan beliau," ujar akun @UnitedRKLe.