Brilio.net - Biasanya, kamu sering menyimpan makanan di dalam kulkas agar bisa kembali dimakan di waktu berikutnya. Namun siapa sangka kalau hal ini membuat seorang pria harus sakit parah.

Seorang pria di Kota Xiangxiang, Hunan, China makan semangka yang telah disimpan dalam kulkas semalaman dan menyebabkan harus dioperasi. Seperti brilio.net lansir dari laman World of Buzz, Jumat (10/8), pria 70 tahun itu harus menjalani operasi pengangkatan usus kecil karena mengkonsumsi semangka dari kulkas.

70 cm usus membusuk semangka  © 2018 brilio.net

Dua jam setelah selesai makan semangka, pria bernama Zhang ini mengalami sakit perut yang luar biasa. Keesokan paginya, Zhang ke rumah sakit karena tak mampu menahan rasa sakit. Ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Umum Changsa untuk perawatan lebih lanjut.

70 cm usus membusuk semangka  © 2018 brilio.net

Setelah memeriksa pria lansia itu, dokter menduga bahwa ususnya mengalami penyumbatan atau sudah kematian jaringan. Benar, dokter akhirnya mendiagnosis bahwa ususnya mengalami kematian jaringan sehingga ususnya membusuk.

Pihak medis akhirnya mengoperasi Zhang dan menemukan bahwa sekitar 70 cm dari usus kecilnya tersumbat dan mengalami nekrosis (kematian jaringan). Mereka melakukan pembedahan untuk mengangkat bagian yang rusak dan untungnya Zhang bisa segera pulih.

70 cm usus membusuk semangka  © 2018 brilio.net

Dokter mengatakan bahwa banyak orang berpikir menempatkan makanan di kulkas akan mencegahnya basi, padahal tidak sepenuhnya benar.

Metode penyimpanan di kulkas memang penting juga untuk mencegah bakteri tumbuh, asal sesuai petunjuk. Zhang telah menyimpan semangka dengan plastik wrap untuk membungkusnya, tetapi rupanya tak cukup untuk membuatnya aman dan mungkin sudah terkontaminasi sebelumnya.