Brilio.net - Budaya contek mencontek seringkali dianggap sebagai kebiasaan yang lumrah dilakukan pelajar. Namun kebiasaan jelek ini rupanya nggak cuma ada di Indonesia.

Perilaku curang siswa saat ujian ternyata juga kerap terjadi di China. Berbagai macam cara pun dilakukan pelajar di China agar aksi contek mencontek berjalan mulus.

 

cewek ini bikin contekan di paha mulusnya © 2017 worldofbuzz


Salah satunya seperti apa yang dilakukan seorang mahasiswi akuntansi berikut ini. Melansir dari laman worldofbuzz, Sabtu (8/7), cewek tersebut menjadi perbincangan di media sosial setelah teman sekelasnya mengunggah foto bagaimana ia bisa lulus ujian.

Foto unggahan itu menunjukkan sebuah catatan kecil tampak tertulis di kakinya yang panjang dan mulus. Beragam komentar pun mewarnai aksi nakal cewek tersebut.

 

cewek ini bikin contekan di paha mulusnya © 2017 worldofbuzz

 

Ada yang mengatakan kalau catatan di kakinya itu merupakan contoh jawaban pembukuan sederhana dari persoalan debit dan kredit. Ada juga yang berkelakar bahwa ia mungkin hanya ingin memamerkan kakinya yang panjang.

Aksi contek mencontek rupanya sudah bukan menjadi hal yang tabu di China. Sebelumnya diberitakan, siswa di China menggunakan kamera mungil yang tersembunyi di pulpen untuk mengambil dan mengirim gambar kertas ujian.

Kertas ujian tersebut lalu mereka kirim kepada orang yang kemudian akan mencari jawabannya dan menceritakannya kepada siswa melalui sebuah earphone. Waduh, canggih juga ya..