Brilio.net - Dinamika hubungan sepasang kekasih memang rumit. Terutama ketika keduanya sudah mulai serius dan ingin melangkah ke jenjang pernikahan. Cobaan tiba-tiba datang, seolah jadi petunjuk dari Tuhan, bahwa mungkin dia bukan orang yang tepat. Pengalaman ini dirasakan seorang wanita keturunan Padang bernama Sukma Chindy.

Sukma batal menikah karena berselisih paham dengan calon mertuanya. Kisah itu diceritakan lewat video TikTok @pearce12, pada 5 Agustus 2022. Bersama dengan video tersebut, Sukma juga menuliskan kalimat caption yang singkat namun mengena dihati.

batal nikah berselisih dengan mertua © TikTok

foto: TikTok/@pearce12

"Dilamar seperti ratu dihancurkan seperti debu," tulisnya di kolom keterangan.

Video berdurasi 10 detik itu memperlihatkan momen ketika dirinya lamaran, serta tangkapan layar chat dari calon mertua. Calon mertua Sukma kecewa karena acara lamaran tidak sesuai dengan ekspektasi ibu dari kekasih Sukma.

Calon mertua itu merasa bahwa acara lamaran yang digelar terlalu mewah. Dia juga mempermasalahkan perihal tukar cincin. Sang calon mertua merasa keberatan jika acara dibuat meriah sebab sudah pusing mengurus berbagai keperluan lain.

batal nikah berselisih dengan mertua © TikTok

foto: TikTok/@pearce12

"Klo seperti ini agaknya mau di buat waaaaahhh nih, gak sesuai omongan tante dan sukma sebelumnya,, klo tante sih silahkan aja klo dari keluarga sukma ada mah," ungkap calon ibu mertua via obrolan chat, dikutip dari TikTok @pearce12 pada Kamis (29/12).

"Tp klo tanten yg harus siapkan lg, rasanya nyerah deh, buat nyiapin acara selamatan sendiri sm persiapan bawaan nanti ketika lamaran sm hari H aja udah pusing," tuturnya.

Hubungan Sukma dan pacarnya jadi merenggang. Sukma dan pacarnya malah bertengkar dan jarang komunikasi. Mengetahui hal tersebut, calon mertua meminta Sukma datang ke rumahnya untuk membereskan masalah ini.

batal nikah berselisih dengan mertua © TikTok

foto: TikTok/@pearce12

"Jadi nyokapnya itu manggil gua ke rumah, dan nanya kenapa ada masalah apa sama anaknya, karena nyokapnya itu lihat anaknya nggak pakai cincin (lamaran)," jelas Sukma.

Ditanya seperti itu, Sukma menjawab bahwa mungkin dia dan anaknya sudah tidak cocok, sebab sang pacar tidak menghargai sosoknya. Pacar Sukma juga menjawab apa yang dia tidak suka dari calon istrinya. Singkat cerita, keduanya akhirnya sepakat untuk 'break' sementara.

Ketika Sukma diantar pulang oleh pacarnya, orang tua Sukma merasa ada yang nggak beres dengan hubungan anaknya dengan sang kekasih. Diakui Sukma, dia juga sempat mengungkapkan kemarahannya via telepon karena sikap sang pacar.

batal nikah berselisih dengan mertua © TikTok

foto: TikTok/@pearce12

Entah bagaimana calon ibu mertua ini bisa tahu kalau anaknya dan Sukma baru saja bertengkar. Dia pun mengirim chat yang meminta agar Sukma tidak melampiaskan amarah kepada anaknya.

"Sudah yah cukup jgn jadikan anak sy pelampiasan kemarahanmu yg gk berfaedah, sudah tau semuanya, klo berlanjutpun khawatir akan menjadi fitnah antar keluarga," kata calon ibu mertua.

Sukma yang bingung dengan pernyataan calon ibu mertuanya itu pun meminta kejelasan kepada calon suaminya. Tapi sayang, dia hanya meminta putus dari Sukma. Keduanya pun resmi berpisah dan batal menikah, setelah melangsungkan acara lamaran.

"Sampai akhirnya harusnya tahun ini kita nikah. Tapi gak jadi nikah, gagal. Kita udahan, putus," pungkas Sukma.

Pengalaman Sukma yang dituangkan dalam postingan TikTok ini rupanya menarik atensi warganet. Beragam tanggapan ditinggalkan warganet di kolom komentar.

"pasti mba nya kecewa berat, tpi itu allah nunjukin jalan untuk mba nya dapetnya yang lebih baik . semoga dpt mertua yg anggap kita sprti anak sndiri," ujar yourr ex.

"society made us set the expectation way too high, kadang... ga semua yg kita liat adalah hal yg berlaku kok. intinya diskusi, apalagi sama orangtua," komentar @_fishnchips_.

"Tapi bener sih kata ortunya, sesuai kemampuan aja, lamaran ga harus kayak gitu kok, pertemuan keluarga inti aja udh lebih dari cukup. semoga mengerti," timpal @geminigirl985.

@pearce12

Dilamar seperti ratu dihancurkan seperti debu

suara asli - sadvibes - Sadvibes