Brilio.net - Mewabahnya virus Corona (COVID-19) membuat sebagian masyarakat dunia panik. Berbagai cara mereka lakukan agar tidak terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini. Mulai dari menggunakan masker wajah ke mana pun mereka pergi hingga sesering mungkin menggunakan sanitiser tangan.

Belakangan, berbagai produk yang dianggap bisa menghambat penyebaran virus ini mulai langka di pasaran. Metode pencegahan yang dilakukan banyak orang pun semakin ekstrem. Bahkan beberapa orang menyebut cara ini sangat konyol.   

Baru-baru ini beredar di media sosial, bagaimana masyarakat di Singapura dan Australia punya cara nyeleneh untuk melindungi diri mereka dari virus Corona. Mereka menggunakan kondom untuk melindungi jari tangan saat hendak menggunakan lift. Bahkan di sejumlah retail di kedua negara, rak yang berisi kondom ludes terjual.

Kondom Corona © 2020 brilio.net

“Kondom di Singapura terjual habis ditengah-tengah ketakutan akan virus Corona. Masyarakat Singapura telah menggunakan kondom sebagai tindakan perlindungan ketika menyentuh tombol lift di apartemen mereka dan bangunan lain untuk mencegah kontaminasi,” tulis Siddharth Misra, pemilik akun @sidart_misra seperti dikutip Brilio.net dari dailyrecord.co.uk, Rabu (4/3).

Loading...

Unggahan serupa juga dilontarkan pemilik akun @melngai416. “Untuk apa orang Singapura menggunakan kondom karena coronavirus,” tulis Melanie Ngai.   

Tak pelak, di Twitter, banyak orang membicarakan hal ini. Sejumlah pengguna pun berbagi foto orang-orang yang mengenakan kondom di jari mereka.

“Karena Coronavirus, orang Singapura menyimpan makanan di rumah karena mereka takut pergi keluar. Ibuku baru saja bilang di salah satu supermarket, lorong kondom benar-benar kosong,” tulis pengguna lain.

Sejak virus Corona merebak, pembelian barang konsumsi sehari-hari seperti kertas toilet, sabun, masker, dan sanitiser tangan melonjak drastis. Begitu juga dengan pembelian melalui online.

Menanggapi peningkatan permintaan dan kepanikan untuk barang konsumsi sehari-hari, pemerintah sejumlah negara pun mengimbau warganya untuk tidak panik. Cara terbaik untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan memastikan bahwa mereka secara teratur mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut untuk mencegah penularan dari permukaan, terutama setelah bersin dan batuk.

RECOMMENDED BY EDITOR