Brilio.net - Meski tidak semua ular mempunyai bisa racun, akan tetapi keberadaan hewan melata tersebut cukup diwaspadai bagi masyarakat. Ular biasanya ditemukan di semak-semak dengan hawa yang lembab. Namun, tak jarang juga hewan satu ini dijumpai di tempat umum dan atau pemukiman warga.

Seperti yang baru saja terjadi di Makassar, sebuah ular piton sepanjang lima meter ditemukan sedang berkeliaran di area RS Wahidin, Makassar. Melansir dari Instagram @liputan6.sctv, ular yang direkam dengan kamera warga itu sempat viral saat dibagikan di media sosial.

ular piton di RS Wahidin © Instagram

foto: Instagram/@liputan6.sctv

Karena terlalu meresahkan, Petugas Pemadam Kebakaran Makassar langsung mendatangi dan menyisir sejumlah area di sekitar rumah sakit, termasuk naik ke atas plafon rumah sakit, tempat biasanya ular berada.

Sayangnya setelah beberapa jam melakukan pencarian, ular yang cukup besar itu tak berhasil ditemukan. Alhasil proses pencarian diberhentikan lantaran ular diduga sudah keluar dari area RS Wahidin.

ular piton di RS Wahidin © Instagram

foto: Instagram/@liputan6.sctv

Ular piton merupakan ular besar yang panjangnya bisa mencapai 10 meter. Ular ini tidak memiliki bisa, namun daya lilitnya sangat kuat sehingga bisa membahayakan bagi manusia.

Kejadian ular piton berkeliaran di tempat umum bukan baru sekali ini terjadi. Pada bulan Desember lalu, warga di Bogor menemukan seekor ular piton yang muncul dari toilet duduk kamar mandi salah satu warga. Beruntung ular tersebut bisa langsung dievakuasi oleh petugas Damkar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LIPUTAN 6 SCTV (@liputan6.sctv)

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)