Brilio.net - Romulo Pilapil (56), warga Filipina, harus rela menerima kondisi penyakit yang dialaminya sekarang. Wajahnya membengkak tiga hingga empat kali lipat dari ukuran selazimnya, mulai dari mata, pipi, hingga bibir. Dia pun harus kehilangan penglihatan karena penyakit ini.

Dilansir Brilio.net dari laman Metro, Minggu (21/7), pria yang berprofesi sebagai tukang kayu itu menderita sinusitis semenjak 3 tahun lalu. Lama-lama dia merasa aneh ketika merasakan gatal di area mata dan kemerahan di hidung.

Romulo Pilapil ViralPress

foto: ViralPress

Kondisi pria yang berdomisili di Ormoc City, Filipina itu semakin memburuk sekalipun sudah diperiksakan ke dokter dan mendapat resep obat.

Loading...

Namun pada kunjungannya yang terakhir ke pihak medis tahun 2018, dokter justru menyarankan dia berobat ke rumah sakit lebih besar di Manila. Sayangnya, pihak keluarga tidak mampu melakukannya dan pengobatan pun berhenti.

Romulo Pilapil ViralPress

foto: ViralPress

Menurut keponakan Romulo, John Santos, keluarga mengira Romulo pilek akibat sinusitis. Namun lama-lama wajahnya membengkak.

Akibat penyakitnya itu, Romulo harus berhenti bekerja sebagai tukang kayu. Ketiga anaknya yang menggantikan Romulo bekerja setelah selesai sekolah.

Ketiga anaknya bergantian merawat sang ayah sesuai jadwal sehingga mereka semua bisa tetap bekerja dan belajar pada saat yang sama.

Romulo Pilapil ViralPress

foto: ViralPress

Sementara itu, sang istri dari Romulo bekerja sebagai penyapu jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Mereka adalah orang baik yang tidak pantas mendapatkan ini. Saya harap mereka bisa mendapatkan bantuan segera," ujar John Santos.

Romulo Pilapil ViralPress

foto: ViralPress

Diketahui sinusitis merupakan gejala peradangan atau pembengkakan jaringan sinus (rongga hidung yang berisi udara di belakang tulang wajah), seperti dilansir dari Hello Sehat.

Kebanyakan orang akan mengira sinusitis sebatas pilek karena memang mirip. Namun sebenarnya ada gejala lain yang menyertai. Gejala sinusitis disertai wajah terasa nyeri atau tertekan, indra penciuman memburuk, bau mulut, kelelahan, hingga sakit gigi, sebagaimana dilansir dari Hello Sehat.

Pada kasus Romulo, beberapa kabar yang beredar menyebutnya penyakit misterius, meskipun diceritakan bermula dari sinusitis. Namun tak dielakkan pula, gejala pada sinusitis kronis, wajah bisa terasa bengkak serta mengalami demam.

Gejala sinusitis ini berlangsung sekitar 8-12 minggu, bahkan bisa lebih. Supaya tidak berlarut-larut, sebaiknya seseorang segera datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

RECOMMENDED BY EDITOR