Brilio.net - Jumat (2/12) siang, Monumen Nasional Jakarta dipadati lautan manusia. Gelombang manusia itu datang dari sejumlah wilayah dari luar Jakarta untuk berpartisipasi dalam Aksi Damai 212.

Baik pria maupun wanita, orangtua maupun pemuda, balita maupun lansia. Ada yang telah mempersiapkan bekal sedari rumah. Ada kelompok-kelompok yang membagikan makanan maupun minuman gratis.

Sayangnya, ada pihak tertentu yang ingin mengacaukan aksi ini. Puluhan minuman gelas yang diedarkan diketahui telah dibubuhi zat lain. Minuman gelas ini juga mengalami kebocoran. Ada selotip yang menutup lubang yang diduga bekas suntikan.

Menurut orang yang telah meminumnya, rasa minuman ini berbeda dari biasanya. Ada rasa pahit yang sangat menonjol. Minuman gelas ini juga tersedia dalam dua jenis, yaitu minuman teh dan minuman rasa buah.

Temuan ini diungkap oleh Perdana Akhmad, pria peserta aksi asal Bandar Lampung.

"Ada penyusup yang sengaja menyuntik minuman ale-ale dan teh gelas. Entah apa yang diisikan, yang jelas dilakban ada sesuatu zat yang berbahaya dalam sini.

Mungkin membuat kita menjadi radikal, mungkin membuat kita jadi lupa akal," tuturnya yang dikutip brilio.net dari media sosial, Jumat (2/12).

"Saya sangat sarankan supaya aparatur keamanan, dari dinas kesehatan segera mengecek mengambil sampel dan membuka apa zat yang terkandung di dalamnya," tambahnya.

Sampel minuman ini telah diserahkan kepada tim Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Berikut ini beberapa video yang diunggah Perdana Akhmad.

Video 1:

Video 2:

Video 3: