Brilio.net - Setiap negara pasti punya aturan tersendiri terkait izin masuk warga negara asing di wilayahnya. Orang asing yang hendak masuk suatu negara harus mengantongi dokumen resmi seperti paspor dan visa. Namun entah karena memang tidak punya surat-surat izin atau punya maksud jahat, ada saja orang yang berusaha menyelundupkan manusia dengan segala cara.

Modusnya pun sangat beragam, mulai dari dimasukkan ke dalam koper sampai diselipkan ke dalam jok mobil. Selain kedua cara tersebut, masih ada trik-trik ilegal lainnya yang tidak kalah ekstrem dan nekat.

Dilansir brilio.net dari ebaumsworld, Jumat (27/5), berikut daftar aksi penyelundupan manusia yang berhasil digagalkan.


1. Spanyol.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Pada 2015, seorang anak kedapatan bersembunyi dalam koper oleh petugas bandara Spanyol. Polisi curiga setelah gadis berusia 19 tahun pemilik koper tersebut tampak gugup ketika diperiksa. Saat koper dibuka, muncul seorang anak dan menyapa para petugas. Polisi pun kemudian menangkap seorang pria dari Costa de Marfil, yang diyakini ayah anak itu.


2. Peru.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Pada 2015, dua pria ditangkap di bandara di Peru setelah tertangkap tangan berupaya melakukan penyelundupan manusia. Tayangan video menunjukkan seorang pria membawa sebuah koper dihentikan oleh penjaga keamanan Bandara Internasional Lima Jorge Chavez. Awalnya pemilik koper bersikeras menolah diperiksa. Namun saat koper dibuka, ternyata ada sesosok pria di dalamnya.


3. Polandia.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Seorang Prancis mencoba menyelundupkan istrinya yang berkewarganegaraan Rusia ke wilayah Uni Eropa dengan menyembunyikannya di sebuah koper besar di perbatasan Polandia. Padahal sebenarnya mereka tidak perlu melakukan cara tersebut karena mereka telah memasuki zona tanpa bebas paspor Schengen. Pasangan warga negara non-Uni Eropa diperbolehkan untuk masuk jika mereka dapat membuktikan hubungan perkawinan mereka.


4. Uni Emirates Arab.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Sepasang suami istri mencoba menyelundupkan bayi mereka ke UEA dengan memasukkannya ke dalam sebuah koper. Aksi mereka berhasil digagalkan setelah dilakukan scan X-ray bandara. Mereka mengatakan terpaksa melakukan hal tersebut karena anaknya belum memiliki visa.


5. Papua Nugini.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Seorang wanita mencoba mengelabuhi keamanan bandara Papua Nugini dengan menyembunyikan bayinya di ransel. Pasalnya, WN Filipina itu tidak memiliki dokumen imigrasi untuk anaknya. Para petugas bandara terkejut saat melihat ada sosok bayi dalam ransel saat dipindai X-ray. Bayi berusia 2 bulan itu tampak tertidur nyenyak.

BACA JUGA: Mengenal Post Dangdut Electronika ala Libertaria, hok ya!


6. Meksiko.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Pada tahun 2011, Maria del Mar Arjona Rivero (19) mencoba menyelundupkan pasangannya, Juan Ramirez Tijerina, keluar dari penjara. Tersangka sebenarnya harus menjalani hukuman 20 tahun karena kepemilikan senjata ilegal. Menurut petugas penjara, Ramirez ditemukan bersembunyi dalam koper istrinya saat meninggalkan penjara. Kini istrinya pun ikut mendekam di penjara akibat ulahnya tersebut.


7. Amerika Serikat (AS).

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Pada tahun 2013, Petugas penjaga perbatasan AS-Meksiko aksi penyelundupan seorang wanita yang disembunyikan di dalam sebuah koper yang diletakkan di dalam bagasi belakang mobil. Wanita asal Thailand bernama Pornkamol Mongkolsermsak itu pun ditangkap dengan dakwaan upaya masuk wilayah negara meski telah dideportasi.


8. AS.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Petugas Bandara Internasional O'Hare di Chicago berhasil menggagalkan pengiriman 18 kepala manusia beku pada tahun 2013. Belakangan diketahui kepala-kepala tersebut tidak diselundupkan, melainkan digunakan untuk penelitian medis di Italia dan dikembalikan untuk kremasi di Illinois. Kendalanya karena masalah dokumen.


9. AS.

Penyelundupan manusia © 2016 brilio.net

Pada tahun 2001, seorang pria asal Meksiko bernama Enrique Aquilar Canchola ditemukan bersembunyi di dalam jok sebuah mobil. Ia rencananya diselundupkan ke AS. Pria berusia 42 tahun itu diamankan petugas saat sedang berhenti di San Ysidro, perbatasan California.