Brilio.net - Penembakan massal terjadi di masjid Selandia Baru pada Jumat (15/3) pukul 13.40 waktu setempat. Penembakan tersebut terjadi di Masjid Al Noor di kota Christchurch dan masjid di kota Linwood. Kepolisian Selandia baru mengamankan empat orang yang terdiri dari tiga pria dan satu wanita. Diketahui pelaku penembakan menggunakan senjata mesin dalam melancarkan aksinya.

Media di Selandia Baru mengatakan bahwa korban meninggal capai 27 jiwa. Namun hingga saat ini kepolisian Selandia Baru belum menyebutkan jumlah pasti korban yang meninggal. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan ada warga negara Indonesia di lokasi penembakan.

"Informasi yang kita kumpulkan. Informasi awal, terdapat 6 warga negara Indonesia yang berada di masjid tersebut," kata Retno dilansir brilio.net dari merdeka.com.

Sehubungan dengan kejadian ini, Kepolisian Selandia Baru meminta warganya untuk tetap di dalam rumah. Setiap orang diimbau agar tidak mendekati masjid. Selain itu warga Selandia Baru diharapkan segera melapor ke kepolisian apabila melihat hal yang mencurigakan.

Aksi penembakan ini terbilang keji, bahkan di dunia maya beredar video saat penembakan berlangsung. Pelaku merekam aksinya saat menembak kerumunan orang di masjid. Diketahui pelaku penembakan ialah pria Australia kulit putih yang berusia 28 tahun. Ia melakukan live di Facebook dengan akun bernama Brenton Tarrant.

Detik-detik penembakan tersebut bikin begidik. Pelaku menyimpan banyak senjata di mobilnya. Bagaimana detik-detik penembakan tersebut? Yuk simak fotonya berikut dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

1. Setelah mendapat laporan telah terjadi penembakan di dua masjid di Selandia Baru pukul 13.40, pihak kepolisian langsung menuju lokasi.

fakta penembakan Selandia Baru  © 2019 brilio.net

foto: thisisinsider.com

2. Polisi mengamankan empat orang yang diduga pelaku.

fakta penembakan Selandia Baru  © 2019 brilio.net

foto: stuff.co.nz

3. PM Selandia Baru mengutuk aksi penembakan tersebut.

fakta penembakan Selandia Baru  © 2019 brilio.net

foto: thespinoff.co.nz

4. Seperti diberitakan sebelumnya, serangan penembakan yang terjadi di dua masjid di kota Christchurch dan Linwood tersebut telah menawaskan 49 orang.

fakta penembakan Selandia Baru  © 2019 brilio.net

foto: aljazeera.com

5. Pelaku menyiarkan langsung aksi penembakan.

 Facebook & Instagram down istimewa



6. Akibat aksi penembakan brutal tersebut, keamanan warga Christchurch menjadi fokus utama pemerintah dan aparat keamanan.

masjid selandia baru © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: stuff.co.nz

7. Ini dia sosok orang yang melakukan live video saat menembak.

detik detik penembakan masjid selandia baru © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: dailymail.co.uk