Brilio.net - Setiap orangtua pastilah menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Mereka rela melakukan apa saja agar sang buah hati bisa hidup bahagia, nyaman dan sejahtera.

Namun terkadang tak semua keluarga memiliki kehidupan yang beruntung. Ada yang harus bekerja keras agar bisa mencukupi kebutuhan diri sendiri dan juga keluarga. Bahkan tak sedikit yang mau tak mau harus membawa anaknya bekerja dengan berbagai alasan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh para orangtua berikut ini. Saban hari, mereka yang memiliki pekerjaan berbeda-beda terpaksa membawa anaknya bekerja. Alasannya pun beragam, mulai dari tak bisa meninggalkan anaknya sendirian sampai ada yang ditinggal pergi istrinya.

Berikut kisah singkat 5 orang ayah dan ibu yang membawa anaknya bekerja, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/9):

1. Seorang driver ojek wanita membawa anaknya yang masih balita saat bekerja.

Loading...

kerja bawa anak © 2017 istimewa

foto: path/fitri

Seorang driver Go-Jek wanita membawa anaknya yang masih balita saat bekerja viral di media sosial bulan November 2015 lalu. Kisah sedih driver ini awalnya diunggah oleh seorang penumpang bernama Fitri dalam laman media sosial Path. Menurut Fitri, saat memesan moda transportasi online tersebut, ia mendapati driver yang memenuhi pesanannya adalah seorang wanita bernama Wiwin Susilawati sembari menggendong anaknya.

Diakui Fitri, driver tersebut bercerita padanya bahwa ia tak bisa meninggalkan anaknya sendirian. Selain itu, mirisnya lagi diketahui bahwa ia baru saja diceraikan oleh suaminya dan diusir dari kontrakan lantaran menunggak. Kala itu, ia pun terpaksa tinggal dari satu musala ke musala lainnya di kawasan Beji, Depok.

Untungnya, uluran tangan banyak berdatangan ke Wiwin Susilawati sejak kisahnya tersebar di media sosial. Apa yang dialami Wiwin juga mendapat respon dari sesama pengemudi Go-Jek lainnya. Mereka memberikan bantuan seadanya dan menawarkan untuk tinggal sementara di rumah salah satu driver Go-Jek.

2. Pria pemanggul semen gendong anaknya saat kerja.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

foto: viral4real.com

Foto pria pemanggul semen yang menggendong anaknya ini menjadi viral bulan Januari lalu setelah diunggah oleh seorang warganet ke media sosial. Pria pemanggul semen asal Hu Lng, Lng Sn, Vietnam ini harus bekerja mengangkut kantong-kantong semen sambil mengajaknya anaknya untuk ikut serta.

Menurut informasi yang brilio.net peroleh dari laman viral4real, pria itu ternyata adalah seorang orangtua tunggal yang terpaksa bekerja dan merawat anaknya dalam waktu yang bersamaan.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

Banyak netizen yang terharu dan mengapresiasi perjuangan pria asal Provinsi Lang Son, Vietnam ini. Namun ada juga yang merasa tak setuju dengan cara pria itu membawa anaknya bekerja di lingkungan yang tidak aman bagi anak-anak, terutama bayi. Selain karena alasan sinar matahari, ditakutkan bayi tersebut juga menghirup debu dan kotoran sepanjang hari.

3. Penjual bakso keliling membawa anaknya yang berusia 2 tahun.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

foto: facebook.com/age.abdi

Pria penjual bakso dari Gadingrejo, Pasuruan, Jawa Timur ini harus membawa anaknya yang berusia 2 tahun saat menjajakan bakso dagangannya, bahkan sampai tertidur di emperan masjid jalan raya.

Egha Abdi, pengunggah foto tersebut mengatakan bahwa pria penjual bakso yang ia temui itu terpaksa membawa anaknya yang masih balita itu karena ibu si bayi pergi meninggalkan mereka, sehingga ayah tersebut harus membawanya sambil bekerja. Foto tersebut kemudian viral di media sosial dan menuai simpati banyak orang.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

Saat dikonfirmasi, Egha mengatakan bahwa pria tersebut bernama Heri asal Malang, Jawa Timur. "Namanya (Pak) Heri asal Malang, Jawa Timur. Dia nge-kos di daerah gang Masjid, Randusari, Gadingrejo, Kota Pasuruan," ujar Egha kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

4. Sopir angkutan roda tiga ajak anaknya bekerja.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

foto: viral4real.com

Seorang sopir angkutan umum dari Filipina bernama Rodolfo 'Rudy' Pastrana harus membawa anaknya berkendara berjam-jam di bawah terik matahari dan menyusuri padatnya lalu lintas. Rudy terpaksa membawa anaknya bekerja lantaran sang istri telah pergi meninggalkan mereka.

Rupanya, istrinya pergi dengan seorang pria yang ia kenal di Facebook. Oleh karena itulah, ia tak punya pilihan selain membawa serta anaknya karena tidak ada yang bisa menjaganya di rumah.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

Kisah Rudy dan anaknya awalnya diunggah oleh seorang pengguna Facebook Jane Eguillos. Sejak saat itu sosoknya viral di media sosial dan menuai perhatian dari warganet hingga media setempat. Ia akhirnya mendapatkan bantuan dan media setempat memberinya sepeda roda tiga miliknya sendiri untuk bekerja.

5. Driver Go-Jek yang membawa dua anaknya bekerja.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

foto: facebook.com/imam.fauji

Baru-baru ini, kisah seorang driver Go-Jek yang membawa kedua anaknya yang masih kecil berkeliling mengantar paket GoSend viral di media sosial. Kisah ayah dan anak tersebut awalnya dibagikan oleh pemilik akun Facebook Imam Fauji dalam grup yang diikutinya.

Menurut Imam Fauji, driver Go-Jek tersebut adalah tetangganya. "Dulu sebelum menjadi kura kura, beliau jadi Go Ride, tapi semenjak kepergian istrinya yang nggak kemana, beliau beralih menjadi kura kura. Alasan beliau beralih menjadi kura kura supaya bisa menjaga dang mengajak 2 anaknya ikut bekerja bersamanya, karena ditmpt tinggalnya tidak ada yang menjaga 2 anaknya," tulis Imam dalam keterangan fotonya.

kerja bawa anak © 2017 istimewa

Lebih lanjut diketahui driver Go-Jek tersebut bernama Tahajudin (31) dan tinggal di rumah kontrakan di kawasan Tamansari, Jakarta Barat. Tahajudin tak punya pilihan lain untuk membawa anaknya bekerja, Rifki Febrian yang berusia 7 tahun dan Rafka Ramadhan berusia 1 tahun 2 bulan.

Meski bekerja sambil membawa kedua anaknya, diakui Imam sosok Tahajudin tak pernah pilih-pilih orderan. Ke mana pun tujuannya selalu ia ambil.

RECOMMENDED BY EDITOR