Brilio.net - Gunung menjadi salah satu destinasi favorit bagi orang-orang berjiwa petualang. Tak semua mau berkunjung ke gunung, sebab mendaki gunung bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu persiapan matang mulai dari barang bawaan juga fisik dari pendaki. Namun banyak juga yang hobi mendaki, pasalnya banyak momen-momen yang hanya bisa didapatkan ketika mendaki saja.

Meski seru, mendaki bukan berarti nir risiko. Pasalnya ada beberapa kejadian wisatawan yang mendapat pengalaman buruk dari mendaki atau berwisata ke gunung. Mulai dari tersesat hingga meninggal dunia. Banyak kejadian tak terduga kala mendaki. Ada yang murni karena faktor alam, tapi ada juga yang karena aksi nekat dari para wisatawan.

Ya, aksi-aksi nekat ini memang tak pantas ditiru. Bahkan karena aksi nekat tersebut ada yang sampai berakibat hilangnya nyawa dari orang itu sendiri. Duh, jangan sampai terjadi ke kamu, ya.

Berikut ini aksi nekat 5 wisatawan di gunung seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/4).

1. Gunung Sinabung

aksi nekat wisatawan gunung © berbagai sumber




Juli 2017 lalu Gunung Sinabung kembali menunjukkan aktivitasnya sebagai gunung berapi aktif. Erupsi yang ditimbulkan menyebabkan puluhan ribu orang harus mengungsi. Namun pada waktu itu ada dua orang yang nekat untuk mendaki bahkan hingga puncak pada saat gunung yang ada di Sumatera Utara tersebut masih berstatus awas. Aksi kedua pemuda ini bahkan mereka abadikan lewat sebuah video yang direkam lewat kamera drone.

2. Gunung Agung Bali

aksi nekat wisatawan gunung © berbagai sumber




Saat Gunung Agung erupsi pada Oktober 2017 lalu, ratusan ribu warga harus diungsikan ke tempat yang aman. Namun di tengah situasi berbahaya tersebut, tiga warga Bali malah nekat naik ke puncak Gunung Agung. Mereka kemudian merekam dan mengabarkan aktivitas terkini gunung yang siap meletus tersebut lewat Facebook.

3. Gunung Bromo

 

Ngeri... Temanku selfie hpnya jatuh ke kawah bromo #indosiar #rcti

A post shared by david_Airlangga (@david_rlangga) on

 



Niatnya mau gaya dengan berfoto selfie, tapi HP dari pemuda ini malah jatuh ke pinggiran kawah Gunung Bromo. Video pemuda saat mengambil telepon genggamnya yang terjatuh itu pun belum lama ini viral di media sosial. Tanpa alas kaki, ia nekat menuruni kawah untuk mengambil HP tersebut. Beruntung pemuda berkaos hitam ini selamat.

4. Gunung Jigong, China

aksi nekat wisatawan gunung © berbagai sumber




Entah apa yang ada di pikiran pria bernama Du ini. Tak hanya pose di pinggir tebing Gunung Jigong yang curam, tapi pria ini juga melakukan atraksi berbahaya lainnya. Hasilnya? Ia terpeleset dan terjatuh. Untung nyawanya masih bisa terselamatkan karena jatuhnya tidak terlalu jauh. Hanya luka lecet saja.

5. Gunung Merapi

aksi nekat wisatawan gunung © berbagai sumber




Tahun 2015 lalu juga heboh berita jatuhnya seorang pendaki ke dalam kawah Merapi. Korban yang merupakan mahasiswa ini menaiki batu tertinggi di gunung tersebut. Namun nahas ia malah terpeleset hingga akhirnya terjatuh dan dievakuasi dalam kondisi meninggal.