Brilio.net - Jalan raya atau jalan bebas hambatan yang kita lewati pasti dibangun oleh kontraktor handal. Dengan perencanaan pembangunan yang matang, tentunya jalanan dan proyek sebuah jalan sudah diperhitungkan beban dan daya tampung kendaraan.

Terkadang beberapa hal yang terjadi di jalan raya atau pada saat proses pembangunan tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan. Ada saja hal-hal yang terjadi dan memakan korban jiwa dalam pembangunan proyek-proyek tersebut.

Dalam 6 bulan berlalu, banyak proyek jalan tol, jalur kereta api dan konstruksi jalan lainnya yang roboh dalam masa pengerjaan. Sedihnya, semua kerusakan tersebut menghasilkan jatuhnya korban-korban yang bekerja untuk proyek jalan.

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/2), ini 4 konstruksi jalan yang roboh saat pembangunan dalam masa pengerjaan sebagai berikut.

1. Tol Antasari - Depok.

Loading...

4 tol roboh  © 2018 brilio.net

Pembangunan enam balok dengan masing-masing panjang 30,8 meter di jalan tol ini terguling pada Selasa, 2 Januari 2018 lalu. Simpang susun yang dibangun jalan lajur akses Antasari - Depok ini diduga terguling akibat tersenggol alat berat Cobelco yang juga terguling menimpa dump truck yang berada di bawahnya. Setelah kejadian roboh di lokasi ini langsung disterilkan dan ditambah pagar pengaman.

2. LRT Pulogadung, Jakarta Timur.

4 tol roboh  © 2018 brilio.net

Robohnya Light Rapid Transit (LRT) terjadi Senin (22/1) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB ini. Lima orang menjadi korban runtuhnya dan beberapa terdiri dari karyawan proyek tersebut.

Sebelumnya, tim traffic management LRT sudah waspada dengan bahaya pembangunan tersebut, tetapi tidak dapat dielakkan, konstruksi tersebut roboh dan mengenai 5 orang yang berada di wilayah proyek.

3. Proyek Double-Double Track Matraman Raya.

4 tol roboh  © 2018 brilio.net

Minggu (4/2) lalu, bantalan crane pengangkat beton di proyek jalur kereta di jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur ini roboh. Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 05.00 pagi, usai azan subuh berkumandang.

Empat orang tewas tertimpa bantalan crane tersebut di lokasi kejadian, peristiwa ini diakibatkan dari bantalan crane yang tidak kuat menahan kepala crane sehingga terjatuh menimpa para korban.

4. Tol Pasuruan - Probolinggo.

4 tol roboh  © 2018 brilio.net

Proyek flyover yang dibangun untuk menghubungkan desa Plososari dan desa Cukurgondang ini roboh pada Minggu, 29 Oktober 2017 lalu. Pengerjaan proyek girder yang sudah sejauh 50 meter ini roboh saat pembangunan girder keempat, seketika semua girder bergoyang dan menimpa girder lain.

Karyawan proyek yang sedang berada di lokasi kejadian pun tertimpa reruntuhan dengan jumlah 1 korban tewas dan 2 korban luka-luka.

RECOMMENDED BY EDITOR