Brilio.net - Kesadaran orang membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Oleh sebab itu, buang sampah sembarangan menjadi salah satu permasalahan di Tanah Air. Faktor selain tingkat kesadaran yang minim adalah ketersediaan tempat sampah yang masih kurang.

Kesadaran rendah membuang sampah ini tak memandang kelas sosial. Selain itu, beberapa kasus buang sampah sembarangan sempat viral dan menjadi perhatian masyarakat.

Nah, berikut 4 aksi buang sampah sembarangan yang bikin kesel, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/2).

1. Baru-baru ini, foto orang buang sampah sembarangan di Kali Krukut Bawah, Kebon Melati, Tanah Abang viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada Rabu (30/1) lalu. Warganet geram dengan aksi orang tersebut, padahal di dekatnya ada petugas yang sedang bersih-bersih kali dari sampah.

 4 aksi buang sampah sembarangan  istimewa

Loading...

foto: Instagram/@dinaslhdki

Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta langsung melakukan penindakan. Pria yang membuang sampah sembarangan itu langsung ditemui setelah dilakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat. Sesuai dengan aturan Perda No.3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Pasal 130 ayat (1b). Dalam pasal tersebut orang yang dengan sengaja dan terbukti membuang sampah di tempat umum harusnya dikenakan denda paling banyak Rp 500 ribu. Namun pria ini hanya diminta untuk membayar Rp 300 ribu dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

2. Pada tahun 2017 silam, video orang buang sampah sembarangan di sungai ini menjadi pusat perhatian. Bagimana tidak, dengan santai seorang pria membuang sampah sembarangan ke bawah jembatan. Aksinya ini langsung mendapat teguran dari warga.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

ADEGAN BERBAHAYA, JANGAN DITIRU !!! . Perhatian, Buang sampah sembarangan bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan hidup. Mulai dari timbul berbagai penyakit hingga bencana alam seperti banjir. Jadi STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!! Ada yg kenal sama bapak ini semeton ? Yen tepuk orain nah !? #gatrabali #maludongbuangsampahsembarangan #maludong #stopbuangsampahsembarangan #infobali #infoseputarbali

Sebuah kiriman dibagikan oleh Info Seputar Bali ™ (@gatra_bali) pada

3. Tak kalah menghebohkan, sebuah video mendadak viral di mana oknum polisi yang seharusnya menjadi teladan justru memberikan contoh yang tak baik. Dalam video yang viral tersebut tampak oknum polisi membuang sampah sembarangan dari dalam mobil patroli. Video tersebut diunggah ke akun twiter @Lime_return pada 2018 yang lalu.

4. Pada September 2018 lalu sebuah mobil box bertuliskan PT Pos menjadi pusat perhatian. Di mana pengemudinya terpergok warga Kampung Lio RW 01, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Bandung, Jawa Barat, tengah membuang sampah di sungai. Foto itu kemudian di unggah oleh pengguna Instagram @agitbastard.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

TERCIDUK !! sekitar jam 03.40 WIB mobil pos indonesia dengan no kendaraan D 8214 ET sempat membuang sampah di lahan tanah kosong sekitaran sungai kali cipamokolan,untungnya terciduk oleh warga masyarakat RW.01 kec.Rancasari kel.Cipamokolan kampung Lio dan begitu terciduk sampahnya langsung di bawa kembali .. Pelakunya 2orang, 1 laki-laki & 1 perempuan Tolong viralkan !! #indonesia #jabar #jabarjuara #terciduk #bandungjuara #posindonesia #viralkan #instagram #instagood #instaviral #ridwankamil #oded #jokowi #dinaskebersihan #sekitaranbandung #viral

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sigit Rahayu (@agitbastard) pada

"TERCIDUK! Sekitar jam 03.40 WIB mobil Pos Indonesia dengan no kendaraan D 8214 ET sempat membuang sampah di lahan tanah kosong sekitaran sungai kali cipamokolan, untungnya terciduk oleh warga masyarakat RW.01 kec.Rancasari kel.Cipamokolan kampung Lio dan begitu terciduk sampahnya langsung di bawa kembali. Pelakunya dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan," tulis @agitbastard.

RECOMMENDED BY EDITOR