Brilio.net - Lubang besar atau yang biasa disebut sinkhole disebut-sebut terjadi karena pengikisan air bawah tanah sehingga menyebabkan tanah ambles ke dalam. Sinkhole kebanyakan terjadi pada daerah yang berada di atas permukaan batu kapur yang bisa menampung banyak air di aquifer, yaitu lapisan tempat air dapat mengalir di bawah tanah.

Saat air keluar dari rongga batu kapur, tekanan yang menopang material di permukaan tanah juga hilang. Karenanya, lapisan atas bisa tiba-tiba amblas.

BACA JUGA: Geger! Lubang raksasa di tengah jalan ada di Indonesia

Sinkhole bisa juga dipicu oleh beban yang berlebih di atasnya. Meski begitu tak sedikit orang yang percaya kejadian tersebut berhubungan dengan UFO dan Alien.

Penasaran seperti apa penampakan sinkhole di berbagai negara ? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber foto-foto penampakan sinkhole.


1. Lubang di Kentucky.

foto: cnn.com

Lubang besar yang satu ini muncul di dalam gedung Museum Nasional Corvette. Disebutkan sebanyak 8 mobil Corvette jatuh ke dalam lubang yang berukuran 40 kaki tersebut.


2. Lubang besar di Guatemala.

foto: theguardian.com

Pada tahun 2007, sebuah lubang hisap sedalam 300 kaki menelan lusinan rumah di Guatemala, membunuh dua orang dan mengakibatkan ribuan harus dievakuasi.


3. Lubang besar di Deltona.

foto: theweek.com

Pada tahun 2004 tiba-tiba muncul lubang besar di Deltona, Florida, Amerika Serikat. Lubang besar tersebut menelan pohon-pohon, tiang listrik dan tanda di pinggir jalan.


4. Tahun 1999 di Taiwan.

foto: theguardian.com

Pada tahun 1999 di Taichung, Taiwan,juga pernah muncul peristiwa lubang besar.  


5. Lubang besar di China.

foto: beforeitsnews.com

Tiga bangunan disebutkan hancur setelah sebuah lubang besar muncul di Guangzhou, Provinsi Guangdon, China pada 28 Januari 2013.


6. Sebuah mobil jatuh ke dalam lubang.

foto: abcnews.go.com

Di Toledo, Ohio pada 2013 lalu muncul sebuah lubang besar yang menyebabkan sebuah mobil terjatuh ke dalam lubang.


7. Lubang di Swedia.

foto: messagetoeagle.com

Lubang besar ini terletak di Gallivare 75 km dari Kiruna, Swedia. Masyarakat di sana menyebut kejadian ini berhubungan dengan alien.

8. Lubang besar di New York.

foto: theguardian.com

Pada tahun 2006 di New York, Amerika Serikat sebuah lubang tiba-tiba muncul dan menyebabkan sebuah mobil masuk ke dalamnya.


9. Lubang raksasa menyedot 25 ton ikan.

foto: thesun.co.uk

Sebuah lubang misterius berukuran raksasa muncul di tengah tambak ikan di wilayah Guangxi Zhuang, China pada 29 Maret 2016. Lubang tersebut dengan cepat menyedot air dan 25 ton ikan-ikan yang hidup di dalamnya dan membuat kolam tersebut tampak seperti lapangan karena airnya yang mengering.


10. Lubang besar di China.

foto: cnn.com

Pada  2013 di Shenzhen, China, muncul sebuah lubang besar. Seorang petugas keamanan diberitakan meninggal setelah terjatuh ke dalam lubang.


Ada lima lagi yang tak kalah mengerikannya. KLIK NEXT...

2 dari 2 halaman


11. Los Angeles.

foto: cnn.com

Sebuah lubang muncul di tengah-tengah jalan super sibuk di Los angeles. Sebuah sepeda motor terjatuh ke dalamnya.


12. Dunedin, Selandia Baru.

foto: theguardian.com

Lubang besar di Dunedin ini menelan sebagian rumah dan sebuah perahu.


13. Guatemala 30 Mei tahun 2010.

foto: tampabay.com

Sebuah lubang besar lagi-lagi muncul di GUatemala, kali ini diberitakan membunuh satu orang dan menelan 3 bangunan.


14. Ottawa, Kanada.

foto: abcnews.go.com

Lubang ini muncul pada 8 Juni 2016 kemarin.


15. Zhenjiang, China.

foto: abcnews.go.com

Pada 12 Desember 2014 lalu di Zhenjiang Provinsi Jiangsu, China tiba-tiba muncul dan membuat sebuah mobil menggantung di atasnya.