Brilio.net - Penjara memang identik dengan tempat yang sempit, pengap, serta menakutkan. Tak hanya itu, kondisi penjara yang sesak dan dipenuhi banyak orang membuat rawan terjadi konflik antar sesama nara pidana. Oleh sebab itu, tak jarang sejumlah napi berusaha melindungi diri mereka dengan senjata.

Senjata tersebut dibuat dari benda keseharian, mulai dari sikat gigi, garpu, pisau, sampai silet. Selain sebagai pertahanan diri, senjata bikinan sendiri tersebut rupanya juga ada yang dipakai untuk meloloskan diri.

Dilansir brilio.net dari ranker, Jumat (17/6), berikut 12 senjata karya napi yang digunakan untuk perlindungan diri di penjara.


1. Pistol dari kaki ranjang.

Senjata mirip pistol ini dibuat oleh seorang napi Jerman dari besi kaki tempat tidur. Bubuk mesiu yang digunakan berasal dari korek api.  Pada tanggal 21 Mei 1984, senjata itu dipakai untuk meloloskan diri dan mencuri mobil.


2. Busur panah sikat gigi.

Senjata karya napi Kanada ini terdiri dari 10 sikat gigi, korek api, bolpoin, gantungan baju, penjepit, komponen elektronik sederhana, dan beberapa benda lainnya. Busur panah ini konon mampu melepaskan anak panah sejauh 12 meter.


3. Cambuk silet.

Senjata ini terbilang sederhana, namun sangat ampuh untuk melumpuhkan lawan. Cambuk silet ini dibuat oleh seorang tahanan di Hamburg tahun 90an.


4. Pistol mainan.

Secara sekilas tampak seperti pistol sungguhan. Namun pistol ini sebenarnya cuma mainan dan dipakai untuk perlindungan diri di penjara.


5. Ruyung dari kaki meja.

Seorang napi St. Louis Workhouse pernah menggunakan ruyung untuk melawan para sipir penjara bersenjata lengkap. Uniknya, meski senjata yang dipakai sederhana, ia berhasil meloloskan diri.


6. Parutan.

Senjata tangan yang terbuat dari parutan ini ditemukan di penjara Jerman tahun 1993. Bahan senjata ini diduga dicuri oleh napi.


Wah, ngeri juga ya? Cek senjata custom napi berikutnya.. Nomor 9 pasti nggak kamu sangka bisa dijadiin senjata.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




7. Senjata api palsu.

Senjata api mainan ini dibuat dari minyak injector lokakarya di penjara, beberapa potong kayu, karet ban, dan solasi hitam. Benda ini ditemukan di sebuah penjara Jerman tahun 1994.


8. Garpu plastik.

Dalam sebuah museum penjara Sing Sing Prison, New York, terdapat berbagai aneka perlengkapan penjara. Salah satunya garpu plastik ini yang konon dipakai napi untuk perlindungan diri.


9. Tisu toilet.

Senjata ini konon dibuat dari tisu toilet yang dipadatkan sampai benar-benar keras. Benda ini ditemukan di sebuah penjara di Ohio.


10. Sisir silet.

Dengan menambahkan beberapa silet dan diikat sedemikian rupa, sisir ini sudah bisa dipakai untuk senjata. Senjata ini dibuat oleh salah seorang napi di New Jersey, AS.


11. Pisau salib.

Senjata pisau salib ini ditemukan di penjara Jerman tahun 1994. Saat itu, para napi memang diperbolehkan membuat kerajinan pisau salib di lokakarya penjara.


12. Pisau dari kaca jendela.

Senjata ini dibuat dari serpihan kaca jendela. Kemudian, kaca dibungkus dengan isolasi sebagai pegangan.