Brilio.net - Dalam 100 tahun terakhir banyak terjadi pembunuhan keji terhadap manusia. Alasannya tentu saja biasanya karena politik lalu akhirnya menimbulkan perang dengan latar belakang masalah yang beragam.

Namun sayangnya pembantaian manusia yang terjadi sejak dulu masih membekas untuk para warganya hingga sekarang. Bagaimana pun juga yang namanya pembunuhan massal akan selalu terdengar keji dan menyeramkan.

Nah, berikut ini 10 pembantaian manusia paling ngeri yang pernah terjadi di dunia, seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Rabu (2/8):


1. Invasi Indonesia atas Timor Timur.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Genosida di Timor Timur dimulai pada tahun 1975, di mana saat itu Militer Indonesia menyerang pulau-pulau di Timor. Target utama Militer Indonesia adalah Timor Lorosa'e untuk pendudukan penduduk sipil Indonesia.

Genosida dilakukan segera setelah kemerdekaan Indonesia dan menyebabkan pembantaian manusia sekitar 200.000 orang. Genosida ini dibagi menjadi dua era, di mana fase awal terjadi pada tahun 1975 dan yang lainnya adalah pada tahun 1999. Mayoritas orang Timor Lorosa'e dipaksa untuk pindah ke sebuah kamp konsentrasi dan dibantai sampai mati secara besar-besaran.


2. Babi Yar.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Pembantaian Babi Yar adalah salah satu pembantaian paling mengerikan dalam sejarah yang menyumbang sekitar 100.000 sampai 500.000 orang tewas. Babi Yar adalah situs jurang di ibu kota Ukraina di mana pembantaian itu dilakukan.

Pada tahun 1941, sekitar 30.000 orang Yahudi dibawa ke tempat yang terisolasi dan dibantai secara brutal dengan senapan mesin sampai mati. Orang-orang Yahudi diminta untuk telanjang untuk berbaris ke Babi Yar oleh tentara Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

Bau busuk mayat di Babi Yar sangat tercium karena kala itu tentara Nazi membakar seluruh kerumunan termasuk korban luka yang terluka sampai mati untuk menyembunyikan buktinya. Ada banyak saksi mata yang berhasil mengungkap kebrutalan Nazi ini ke seluruh dunia.


3. Pemisahan India.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Perang terbesar India melawan Pakistan selama tahun 1947 adalah perang yang paling dikenal masyarakat di seluruh negara bagian, karena pembagian perbatasan antara agama Hindu dan Muslim. Konflik itu tidak direncanakan oleh entitas pemerintah manapun, namun pemisahan tersebut menyebabkan persaingan yang destruktif melawan mayoritas masyarakat seperti Hindu dan Muslim.

Pemisahan di seluruh negara menyebabkan terjadinya genosida, yang menewaskan sekitar 200.000 sampai 2.000.000 orang termasuk Hindu, Muslim dan Sikh. Jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan diminta untuk melakukan perjalanan bermil-mil bersama dengan kelaparan yang keras untuk menemukan rumah baru mereka.

Pemisahan India disebut satu-satunya genosida di dunia yang melibatkan komunitas agama terlibat secara besar-besaran dalam sejarah.


4. Pembantaian di Manila.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Pembantaian Manila terjadi pada saat Perang Dunia II oleh tentara Jepang melawan warga sipil Kota Manila. Orang-orang yang tinggal di Kota Manila saat itu diakui sebagai warga sipil Filipina (kelompok etnis Asia Tenggara).

Selama pertempuran antara warga sipil Manila dan tentara Jepang, sebuah dukungan besar juga diberikan oleh Angkatan Darat Amerika dan Tentara Kekayaan Bersama Filipina, yang menyebabkan kemarahan terhadap tentara Jepang yang menyebabkan percikan pembantaian warga sipil Manila.

Pembunuhan massal itu cukup kejam untuk membunuh sekitar 100.000 sampai 500.000 warga sipil, termasuk semua jenis kejahatan di negara bagian tersebut.


5. Pembantaian Nanking.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Pembantaian Nanking merupakan serangan massa paling kejam terhadap wanita dalam sejarah umat manusia. Bentrokan tersebut terjadi antara orang Jepang dan Cina pada awal 1937, yang menyebabkan pembantaian massal orang-orang di seluruh negara bagian.

Pembantaian itu diakui sebagai 'Pemerkosaan Nanking' karena kala itu ada banyak kejahatan terhadap perempuan. Pembunuhan massal dilakukan selama enam minggu yang panjang dengan korban jiwa sekitar 300.000 orang.

Pada akhir 1938, perintah melawan warga sipil untuk pembunuhan massal telah dilepaskan dan semua pengungsi dikembalikan kembali ke rumah mereka.


6. Genosida Rwanda.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Genosida Rwanda adalah salah satu pembantaian manusia paling kejam dalam sejarah dengan jumlah korban sekitar 500.000 sampai 1.000.000 orang. Pembantaian itu dilakukan oleh anggota mayoritas Hutu (populasi yang mendiami wilayah Danau Besar Afrika) dan korban utamanya adalah minoritas Hutu dan Tutsi, yang umumnya dikenal lebih rendah daripada mayoritas masyarakat Hutu.

Pada bulan April 1994, sebuah pesawat ditembak jatuh yang dilaporkan membawa Presiden Burundi Cyprien Ntaryamira dan Habyarimana, yang menyebabkan konflik besar antara mayoritas Hutu dan minoritas lokal. Angkatan Bersenjata Rwanda memutuskan untuk memblokir semua jalan di kota tersebut setelah berita tersebut tersebar di seluruh negara bagian.

Lantas orang-orang minoritas dibunuh secara brutal sampai mati. Akhirnya, sebuah konstitusi pemilihan baru diadopsi pada tahun 2003, yang menyelesaikan konflik sepenuhnya.


7. Genosida Armenia.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Genosida Armenia adalah salah satu pembantaian paling kejam di dunia dan tidak manusiawi yang menimbulkan korban sekitar 1,8 juta orang pada awal 1920-an. Tragedi ini adalah pemusnahan sistematik oleh Utsmaniyah terhadap penduduk minoritas Armenia di Tanah Air historis mereka, di kawasan yang kini menjadi Republik Turki.

Kala itu pemerintah Turki memutuskan hampir semua orang Armenia yang tinggal di Kekaisaran Ottoman untuk dihancurkan sampai mati. Mayoritas penduduk Ottoman adalah muslim yang mengamati orang-orang Armenia, yang akhirnya menyebabkan bentrokan dan ketidaksetaraan.

Pembantaian, pembunuhan dan pemerkosaan sangat umum terjadi dan orang-orang Armenia diperlakukan sewenang-wenang. Orang-orang Armenia dilucuti dan dibuat telanjang untuk bunuh diri dengan membiarkan mereka berjalan di bawah terik matahari tanpa ampun. Mereka ditembak mati jika ada korban yang ditemukan beristirahat selama hukuman bunuh diri itu.


8. Holokaus.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Holocaust berasal dari kata Yunani yang berarti 'Sepotong terbakar seluruhnya'. Holokaus ini merupakan situasi mengerikan yang terjadi pada tahun 1945 ketika sekitar 6 juta orang Yahudi Eropa dibunuh secara massal.

Pembunuhan besar-besaran ini terjadi pada Adolf Hitler yang menggunakan rezim Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Alasan utama di balik pembantaian itu karena ras, di mana orang-orang Yahudi lebih rendah dari orang Jerman.

Nazi pada tahap awal menargetkan orang-orang yang sangat muda, orang tua dan orang sakit untuk dibunuh, di kamp konsentrasi yang dibangun di lima wilayah di Polandia. Pembantaian yang memakan korban hampir 12.000 orang setiap hari ini berlanjut bahkan setelah revolusi Nazi berakhir pada 1947.


9. Pembantaian Stalin.

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

Joseph Stalin adalah salah satu diktator paling berbahaya sepanjang masa untuk Uni Soviet pada pertengahan 1920-an. Selama Perang Dunia II, bayangan pertama yang muncul di benak kita adalah kediktatoran brutal Adolf Hitler. Namun, ternyata Stalin menyumbang secara komprehensif dan ikut membunuh besar-besaran di negara tersebut sampai kematiannya pada tahun 1953.

Karena kebijakan pertanian yang gagal, Stalin membantai sekitar 20-25 juta orang untuk mengisi setiap sudut negara dengan mayat dan bau busuknya. Dia cukup mampu mengubah negara sebagai satu kesatuan budak dengan membunuh tanpa ampun dan menciptakan sebuah sejarah hebat dengan pembantaian massal. Telah dicatat bahwa Stalin mengeksekusi sekitar satu juta dari bangsanya sebelum 1930.


10. Pembantaian Great Leap Forward (lompatan jauh ke depan).

Tragedi Genosida paling kejam di dunia © 2017 brilio.net

The Great Leap Forward adalah kampanye yang diprakarsai oleh Komunis Bagian dari China (CPC) untuk memberikan dampak yang besar pada masalah pertanian dan industri dari tahun 1958 dan 1960. Tujuan utama di balik lompatan besar itu untuk mempercepat laju industrialisasi dan untuk menyediakan Penekanan besar pada tenaga kerja.

Namun, hal ini menyebabkan pembunuhan dan pembantaian manusia yang meluas di seluruh negara akibat penurunan industri berskala besar, yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan industri pertanian. Kelaparan sangat tinggi selama periode ini yang menyebabkan pembunuhan massal di seluruh negara bagian dan memakan korban 20-35 juta jiwa.