Brilio.net - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan masyarakat di seluruh penjuru dunia berjejaring. Mereka dapat berkomunikasi meski jarak terpisah jauh. Bahkan bisa membuat gerakan serentak yang viral.

Banyak sekali aksi serentak alias gerakan via media sosial dengan beragam tujuan. Untuk tujuan serius misalnya ada aksi tanda tangan petisi online. Untuk tujuan menghibur misalnya penggunakan hashtag lucu atau penyebaran meme. Bahkan kini challenge kocak yang biasa dilakukan saat nongkrong bisa juga dibawa di dunia maya dan jadi viral.

Baru-baru ini, dunia maya tengah dibanjiri hashtag #10yearchallenge. Challenge tersebut meminta peserta mengunggah foto 10 tahun lalu, disandingkan dengan foto terkini. Challenge ini sangat ramai bahkan diikuti kalangan selebritis dan publik figur lainnya.

Di balik challenge yang seru ini, ada banyak bahaya mengintai lho. 10 year challenge memungkinkan kasus pencurian identitas. Pun dengan challenge yang lain, dipenuhi resiko dan bahaya bahkan hingga merenggut nyawa.

Berikut beberapa challenge di dunia maya yang ternyata berbahaya dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/1).

1. 10 Years Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@lalamarionmj

Challenge ini tengah viral di dunia maya. Warganet menyandingkan foto terbarunya dan diri mereka 10 tahun lalu dengan hashtag #10yearschallenge. Nah ternyata challenge ini cukup berbahaya lho. Foto tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan uji coba algoritma pengenalan wajah. Dampaknya juga bisa mengarah ke pencurian identitas.

 

2. Bird Box challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: joe.ie

Challenge ini terinspirasi dari film Brid Box yang tayang di Netflix. Challenge in menantang khalayak beraktivitas sembari menutup mata. Dampaknya bisa menabrak benda-benda berbahaya dan juga terjatuh. Bahkan ada himbauan untuk melakukan challenge ini karena sudah banyak korban berjatuhan. Sudah ada kecelakaan akibat challenge ini.

 

3. In My Feelings challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: uproxx.com

In my feelings challenge sempat viral. Khalayak yang ikut challenge ini menari dengan iringan lagu In My Feelings sembari keluar dari mobil. Challenge ini dilarang polisi di beberapa negara. Banyak terjadi kecelakaan akibat challenge ini.

 

4. Kylie Jenner Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: ranker.com

Challenge Kylie Jenner merupakan challenge yang jjuga berbahaya. Kamu diharuskan menghisap gelas atau botol air untuk mendapatkan bibir yang lebih besar. Kemudian bibirmu akan melepuh karena pembuluh darah terhenti. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa challenge ini membuat beberapa orang masuk rumah sakit.

 

5. The Cinnamon Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Youtube/ @TheButtingHeads

Challenge ini mengharuskan kamu menelan satu sendok bubuk kayu manis sekaligus tanpa minum apapun dalam satu menit. Padahal hal tersebut sanaga berbahaya bagi kesehatan, khususnya paru-paru.

Hal ini disebabkan karena menghirup kayu manis dapat merusak paru-paru. Efek jangka panjangnya dapat menyebabkan peradangan serta menyebabkan infeksi paru-paru.

 

6. The Salt and Ice Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: guff.com

Kamu harus menuangkan garam di bagian tubuhmu dan kemudian menempatkan es di atas tumpukan garam tersebut sat ikut challenge ini. Hal tersebut akan menciptakan sensasi terbakar yang ekstrem di kulit.

Setelah itu kamu diharuskan menahan rasa sakit tersebut dalam waktu selama mungkin. Challenge ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan radang dingin dan luka bakar level ketiga.

 

7. Eraser Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: thestir.cafemom.com

Pada tahun 2015, challenge ini membuat seorang remaja dirawat di rumah sakit akibat mengalami infeksi setelah melakukan challenge tersebut. Dalam challenge ini kamu diwajibkan menggososkan penghapus di kulit sambil mengucapkan alfabet yang dalam sebuah kalimat. Hal ini akan menyebabkan iritasi hingga luka bakar yang disebabkan oleh gesekan penghapus secara terus-menerus.

 

8. The Choking Game.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Youtube/ @LandonProduction

Choking Game adalah challenge yang dilakukan dengan mencekik leher untuk mencegah aliran oksigen kedalam otak. Challenge ini biasanya dilakukan oleh dua orang, satu bertugas untuk mencekik dan satunya yang dicekik. Setelah melakukan challenge ini biasanya seseorang akan pingsan bahkan meninggal dunia karena aliran oksigen dari otak terhenti.

 

9. Ice Bucket Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: newslocker.com

Ice Bucket Challenge awalnya adalah gerakan dengan tujuan menggalang dana untuk penelitian penyakit ALS. Namun cahllenge ini kemudian viral dan diikuti banyak khalayak.

Ice Bucket Challenge yang viral ini ternyata tidak hanya meninggalkan sensasi dingin pada tubuh dan kepala, namun juga berbahaya. Siraman air es yang langsung dan mendadak pada kepala menyebabkan tubuh shock. Selain itu detak jantung pun akan langsung menurun dan menyebabkan ritme kerja jantung terganggu.

 

10. Condom Snorting Challenge.

10 challenge berbahaya © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: dailymail.co.uk

Dunia maya juga pernah viral dengan Condom Snorting Challenge. Challenge ini mengharuskan peserta untuk memasukkan kondom ke dalam lubang hidung, menariknya lewat tenggorokan dan mengeluarkannya kembali lewat mulut. Challenge ini sangat menyakitkan karena menggesek jaringan dalam hidung dan mulut. Selain itu besar kemungkinan tersedak dan terjadi infeksi akibat challenge ini.