Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Denny Suryadharma

10 Januari 2019 14:02

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

Beda daerah, bumbu Sate Padangnya beda loh..

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

0



Selain rendang, kamu pasti sudah tahu dong dengan sate padang. Yup, salah satu olahan khas daging sapi atau kerbau di Sumatra Barat ini bisa dengan mudah kamu jumpai di sejumlah kota besar seperti Jakarta atau Bandung.

Nah, kamu tau gak kalo sate padang ternyata punya 4 varian sesuai dengan asal kotanya. Untuk bahan dasarnya sih sama, yaitu rebusan daging sapi dengan sejumlah bumbu rempah. Selain daging sapi, sate padang juga ada bahan lainnya seperti lidah, hati, usus ataupun jantung. Untuk bumbu siramnya menggunakan tepung beras yang dicampur sedikit air, dan biar mengental, secara terus menerus dipanaskan menggunakan bara api dari arang batok kelapa.

Lantas apa sih yang jadi pembeda dari sate padang ini? Yuk kita simak penelusurannya di bawah ini.

1. Sate Padang Panjang.

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

Loading...

Nah, sate padang yang satu ini banyak sekali kita jumpai. Ciri khas dari sate padang panjang ini atau sate darek ini adalah warna kuning keemasana dari bumbunya yang berasal dari kunyit. Biasanya tidak terlalu pedas, saat disuguhkan diberi taburan bawang goreng.

 

2. Sate Padang Pariaman.

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

Ciri utama dari Sate Padang Pariaman ini adalah bumbu siramnya yang berwarna merah. Hal ini karena dominasi dari cabai yang cukup banyak pada tepung beras yang terus menerus dihangatkan menggunakana bara api dari arang batok kelapa. Untuk Sate Padang Pariaman ini agak sulit ditemui luar Sumatera Barat.

 

3. Sate Padang Dangung Dangung.

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

Untuk varian yang ketiga adalah sate padang dangung dangung. Namanya mungkin masih asing di telinga kita yah. Sate padang ini berasal dari wilayah Payakumbuh. Untuk bumbu siramnya mirip dengan sate darek, yaitu berwarna kuning karena didominasi oleh kunyit, namun ada tambahan santan pada bumbu sate padang ini yang jadi pembeda dari bumbu sate padang lainnya. Oh iya, sate padang ini juga sulit ditemui di luar dari Payakumbuh. Jadi kalo ingin nyoba ada baiknya berkunjung ke Payakumbuh ya.

 

4. Sate Padang Kota.

Yuk kenali 4 perbedaan bumbu dalam Sate Padang

Untuk Sate Padang Kota, bumbunya merupakan perbapuan dari Sate Padang Darek dan Pariaman, sehingga diperoleh warna kuning kecokelatan.

Wah ternyata beda kota beda cirinya yah. Dari keempat varian sate padang ini, mana kira-kira yang kamu suka?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top