Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Prima

10 Januari 2019 17:12

Waspada terhadap investasi zaman now, kenali masing-masing skema ini

Maraknya skema ponzi dan piramida investasi membuat kita makin berhati-hati..

Waspada terhadap investasi zaman now, kenali masing-masing skema ini

0



Saat ini makin marak dengan berbagai jenis investasi yang berkembang. Agar tak salah mengambil langkah, perlu adanya penanggulangan sejak awal untuk mengetahui berbagai macam investasi. Sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya kamu paham mengenai dua skema berikut ini.

Skema Ponzi.

Charles Ponzi

Dalam istilah hukum, Skema Ponzi adalah skema di mana uang yang dipercayakan kepada pelaku tidak pernah diinvestasikan dalam usaha mencari untung yang sah. Sebaliknya, secara bertahap diserahkan kembali kepada investor dengan dalih palsu bahwa pengembalian adalah untung. Padahal tidak. Itu hanya bagian kecil dari modal awal yang diinvestasikan.

Organisasi ini (pelaku) biasanya akan mengalihkan sebagian dari uang yang diterima dari investor untuk digunakan kepentingan sendiri dan golongan. Hal ini akan menciptakan dorongan untuk memperluas jumlah investor untuk menutupi pembayaran pokok dan pengembalian yang dijanjikan kepada para investor yang ada. Semakin banyak uang yang digunakan (pelaku), semakin cepat mereka perlu mencari investor baru.

Biasanya, investor dijanjikan pengembalian besar atas uang mereka dengan sedikit peluang kehilangan. “Risiko rendah” dan “tidak ada risiko”, itulah perjanjian yang dibuat pada tahap awal sebagian besar Skema Ponzi.

 

Skema Piramida.

Skema Piramida berantai adalah kerabat dekat Skema Ponzi yang mendorong orang untuk berpartisipasi dalam rencana menghasilkan uang dengan cara merekrut orang lain. Skema ini mendapatkan nama mereka dari arus kas, melalui anggota baru ke yang lama. Orang di puncak piramida mengumpulkan uang dari semua orang di bagian bawah. Orang yang tertarik untuk bergabung dengan skema piramida dijanjikan akan mendapatkan banyak uang dari investasi/bisnis sederhana.

 

Perbedaan Skema Ponzi dan Skema Piramida.

Skema Ponzi dan Skema Piramida sangat mirip. Secara teknis, perbedaan utamanya adalah dalam Skema Ponzi uang diserahkan untuk diinvestasikan; dalam Skema Piramida, uang diserahkan sebagai ganti hak untuk melakukan sesuatu (paling sering untuk membuka waralaba atau untuk meminta anggota baru).

Skema Ponzi itu ilegal, sedangkan Skema Piramida bisa legal dan ilegal, tergantung bagaimana strukturnya.

 

(brl/red)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#fintech #financial #investasi #ojk #melekinvestasi
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Tutorial Membuat Artikel di Brilio Creator Hi Sobat Brilio! Untuk kamu yang masih bingung untuk nulis di Brilio Creator, sekarang jadi lebih mudah dengan adanya video tutorial ini. Selamat menulis!

ON FIRE

MORE
Back To Top