Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Putri Rahayu

15 Februari 2018 15:35

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

Salah satu sudut Kota yang masih terjaga Keasliaanya, Kota tua Padang mengenal sejarah dan peninggalan masa lampau..

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

0



Berkunjung Ke Sumatra barat, yes cuma Padang dan sekitarnya yang dekat dari Kota saya. Sumatra Barat itu punya Banyak banget Destinasi wisata yang bisa dikunjungi dari mulai Wisata Alam, wisata kuliner dan Wisata Religi , perfect.


Saat saya berada di Kawasan kota tua Padang kampung halamannya Siti Nurbaya saya terpesona melihat Bangunan-bangunan tua di sepanjang jalan yang masih berdiri kokoh, terletak di tepi sungai Batang harau dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang masih beroperasi hingga saat ini.


Untuk menuju Kawasan kota tua Padang bisa menggunakan transportasi Angkutan umum seperti Angkot, kendaraan roda dua dan roda empat berbasis online. di kota tua ini banyak sekali spot foto yg Instagramable karena gedung-gedung disini masih terjaga ke asliannya.


nah, apa saja yang bisa dinikmati saat berada di kawasan kota tua Padang ini. Berikut 10 Potret kampung halaman Siti nurbaya yang sempat saya abadikan.


1. JEMBATAN SITI NURBAYA

Loading...

Jembatan siti Nurbaya ini sangat terkenal , di masa sekarang jembatan ini digunakan sebagai tempat bersantai di sore hari oleh warga kota Padang. Bukan hanya di sore hari, dipagi hari saat weekend digunakan sebagai tempat olahraga dan sekedar menikmati suasana santai di pagi hari. Kalau kepadang jangan lupa singgah kesini.

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 
2. GEDUNG GEO WEHRI & CO

Gedung Geo wehry & co berada tepat di tepian sungai Batang Harau, dari bentuk bangunannya terlihat bahwa gedung ini adalah peninggalan belanda, terletak di jalan Batang arau No.58 Kec Padang barat. tempat yang strategis kemungkinan dahulunya gedung ini adalah sebuah perusahaan atau pabrik, saya belum menemukan literatur yang menjelaskantentang gedung tua ini.
 

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

3. CAFE DENGAN SUASANA TEMPO DULU

Gedung ini awalnya terbengkalai tapi sekarang sudah semakin bagus dan tetap mempertahankan arsitektur aslinya, Sekarang cafe ini terlihat unik. sekedar bersantai bersama teman-teman menjadi pilihan yang cocok dengan nuansa ala zaman kolonial, tidak ada salahnya dicoba.

 

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

Instagram @putrirhayu

 

4. GEDUNG BEKAS PADANGSCHE SPAARBANK

Merupakan salah satu cagar budaya yang  terletak di jalan Batang arau kec Padang selatan Kota Padang. Sumatra barat menurut situsbudaya.id gedung bekas Padangsche Spaarbank atau Gedung Bank Tabungan Sumatra Barat dibangun tahun 1908 salah satu peninggalan Belanda berlantai dua dengan bangunan bergaya Neoklasik berarsitektur art-deco. Pada tahun 1995 hingga 2009 gedung ini sempat dijadikan sebuah hotel yang sangat disukai turis asing yang ingin berselancar ke Mentawai.


10 Potret indahnya kampung halaman Siti NurbayaInframe instagram @refiandy

 

5. MENIKMATI SUASANA SORE DI TEPI SUNGAI BATANG HARAU

Susana sore hari dengan view kapal-kapal yang sedang berada di dermaga masing-masing, rasanya ingin kembali kesini lagi saat waktu libur, jalan-jalan sambil mengenal sejarah masa lampau.

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

6. RUMAH-RUMAH YANG DIBANGUN DI LERENG BUKIT

Salah satu keunikan di kawasan kota tua ini adanya rumah-rumah warga yang dibangun di atas bukit-bukit berdampingan dengan pepohonan  yang tumbuh subur di sekitar rumah so natural. Tentunya saja dengan adanya banyak pohon maka lebih banyak udara segar atau oksigen yang bisa kita hirup  bagus untuk kesehatan. Kebayangkan saat buka jendela dipagi hari langsung menghirup udara segar dari pepohonan dan kicauan burung , ditambah dengan view langsung menghadap ke sungai batang harau yang digunakan sebagai dermaga bagi kapal nelayan.

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 


7. PEMANDANGAN RUMAH-RUMAH YANG TERBENGKALAI

Dilihat dari keadaan rumah ini sudah cukup lama ditinggal oleh pennghuninya, masih berada di kawasan kota tua, disini banyak rumah-rumah tua yang dibiarkan terbengkalai , lihat saja ulah tangan usil banyak terdapat coretan pada dinding rumah yang berlantai dua ini. Jika di kelola dengan baik saya yakin akan jadi spot yang instagramable.

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

8. GEDUNG BI YANG BERGAYA NEOKLASIK

Saya tidak begitu mengetahui apakah ini gedung tua yang sudah di renovasi dan di perbaiki atau gedung yang baru dibangun,terlepas dari itu saya sangat mengagumi gedung yang sudah dijadikan Kantor oleh Bank Indonesia, pastinya lebih terawatt dan terjaga kebersihannya, bergaya neoklasik dan dominan white colour menjadikan gedung ini sangat cantik. 

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

9. SINGGAH KE CHINA TOWN - NYA PADANG

Kelenteng HOK TEK TONG beralamat di Jalan Kelenteng yang masih berada di kawasan kota tua padang mayoritas warga disini adalah etnis Tionghoa,  pada masa sekarang gedung ini digunakan sebagai pusat kebudayaan dari berbagai suku dan marga dari etnis Tionghoa kota Padang. 

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

 10. BARISAN KAPAL-KAPAL YANG MENEPI DI DERMAGA

Kalau di kota saya sungai nya sudah tidak digunakan lagi oleh kapal-kapal komersial atau nelayan pencari ikan, beda dengan disini beberpa kapal terlihat sangat terawat, menjadikan sungai batang harau lebih hidup.

10 Potret indahnya kampung halaman Siti Nurbaya

 

So far, berkunjung ke sini membuat saya lebih banyak mengetahiu tentang sejarah sebuah kota di masa lalu.

yuukk.. berkunjung ke Kota Tua Padang, Sumatra Barat

 

 

 

 

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

travel traveller travelling kota tua Padang
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top