Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Fudi Theonardo

11 September 2019 18:18

Total harga seluruh pemain di tim sepak bola ini capai Rp15,7 triliun

Untuk pertama kali dalam sejarah, sebuah tim sepak bola mempunyai pemain berharga total 1 miliar Euro..

Total harga seluruh pemain di tim sepak bola ini capai Rp15,7 triliun

0



Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh CIES Football Observatory, sebuah lembaga survey dan riset olahraga yang berasal dari negara Swiss, terungkap ada sebuah rekor yang terpecahkan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah tim sepak bola di Eropa memiliki pemain yang total harganya menembus angka di atas 1 miliar Euro. Nilai tersebut jika dikonversikan menjadi Rupiah akan menjadi Rp15.721.782.670.000,00 per tanggal 11 September 2019. Klub manakah yang mempunyai uang sebanyak itu?

Klub dengan pemain seharga 1 miliar Euro

Ternyata klub tersebut adalah Manchester City yang berlaga di kompetisi Liga Primer Inggris atau EPL. Mereka telah sukses menjuarai kompetisi tersebut selama dua musim terakhir, dan dengan dukungan dana kuat dari Sheikh Mansour. Menurut CIES Football Observatory, nilai kombinasi transfer pemain klub tersebut mencapai nilai €1,014 miliar. Pada musim transfer 2019-20, mereka belanja dua pemain yaitu Rodri dari Atletico Madrid dengan harga €70 juta, dan Joao Cancelo dari Juventus dengan harga €65 juta.

Manchester City

Nilai €1,014 miliar tersebut tidak terlalu jauh dari klub lainnya, peringkat kedua daftar ini adalah klub kaya dari Prancis yaitu Paris Saint Germain yang memiliki pasukan dengan total harga €913 juta. Di peringkat ketiga adalah klub besar dari Spanyol yaitu Real Madrid dengan total pemain nilai seharga €902 juta. Berikut 20 klub dengan total nilai transfer terbesar saat ini:

Loading...

1. Manchester City, €1,014 miliar

2. PSG, €913 juta

3. Real Madrid, €902 juta

4. Manchester United, €751 juta

5. Juventus, €719 juta

6. Barcelona, €697 juta

7. Liverpool, €639 juta

8. Chelsea, €561 juta

9. Atletico Madrid, €550 juta

10. Arsenal, €498 juta

11. Everton, €486 juta

12. Tottenham Hotspur, €465 juta

13. AC Milan, €408 juta

14. Inter Milan, €364 juta

15. Bayern Munich, €352 juta

16. AS Monaco, €348 juta

17. Napoli, €325 juta

18. Borussia Dortmund, €321 juta

19. Leicester City, €312 juta

20. Valencia, €266 juta

5 klub terkaya

Kekayaan klub Manchester City serta klub-klub kaya di daftar tersebut memang terlihat sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan tim-tim lainnya. Sebagai contoh, Manchester City mengeluarkan dana 32 kali lebih banyak dibanding Norwich City di EPL (32 juta Euro). Berikut perbandingan harga pemain antara klub terkaya dibanding klub termiskin di 5 liga terbesar Eropa:

Perbandingan harga pemain

Setelah mengetahui berapa jumlah nilai pemain seluruh tim yang ada, CIES kemudian membuat rata-rata belanja per tim dari 5 liga Eropa di atas. Hasilnya, EPL memiliki tim yang paling banyak belanja dengan nilai rata-rata €345 juta, disusul oleh La Liga Spanyol serta Serie A Italia yang sama-sama memiliki rata-rata €168 juta. Bundesliga Jerman berada di peringkat ke 4 dengan rata-rata €124 juta, dan kemudian Ligue 1 Prancis dengan rata-rata €118 juta.

Nilai rata-rata belanja per kompetisi

Hasil riset sebelumnya juga memperlihatkan bahwa klub-klub besar telah mengalami defisit belanja sejak tahun 2010 hingga 2019. Manchester City menjual pemain dengan nilai total €547 juta, dan membeli pemain dengan nilai total €1,638 miliar sehingga mengalami defisit sebesar €1,091 miliar. Sedangkan tim-tim di Ligue 1 Prancis banyak yang mengalami keuntungan dengan membeli pemain murah namun kemudian menjualnya dengan harga mahal. Contohnya Lille yang mempunyai keuntungan €249 juta, AS Monaco yang untung €215 juta, serta Lyon yang untung €174 juta.

Klub belanja terboros

Klub dengan untung terbesar

Jika dilihat dari posisi kedua daftar tersebut, terlihat bahwa tim-tim besar berani mengalami defisit atau kerugian serta mampu membeli pemain mahal, sedangkan tim-tim kecil lebih memilih mencari keuntungan dalam jual beli pemain. Mengapa tim-tim kaya berani mengeluarkan dana besar untuk transfer pemain? Hal ini terjadi karena mereka mendapat hasil berupa tropi yang otomatis mendatangkan keuntungan berupa hadiah kompetisi, pendapatan besar dalam tiket serta merchandise, pendapatan dalam siaran langsung televisi, serta banyaknya sponsor yang masuk. 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

manchester city paris saint germain real madrid manchester united juventus
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top