×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rino Aziz

10 Januari 2022 13:52

TikTok, media sosial yang juga wadah baru bagi industri musik

Beberapa penyanyi tenar lahir berkat aplikasi media sosial satu ini..

TikTok, media sosial yang juga wadah baru bagi industri musik

0



TikTok merupakan sebuah platform membagikan video, sebagai sarana informasi, hiburan, dan wadah kreativitas untuk para penggunanya. Umumnya video TikTok diunggah berdampingan dengan musik sebagai bumbu pelengkap dari sebuah video. Sebenarnya TikTok pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016, tetapi baru mendunia pada tahun 2019. Dilansir dari databoks.katadata.co.id menurut riset yang dilakukan AppTopia TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh pada tahun 2021. TikTok mencatatkan 656 juta unduhan pada tahun 2021.

TikTok banyak memopulerkan tarian khas yang diiringi oleh sebuah lagu, karenanya banyak lagu yang ikut populer. Tak hanya lagu dari penyanyi atau band terkenal saja, tetapi juga lagu dari penyanyi pendatang pun ikut populer. Itulah yang membuat TikTok menarik perhatian industri musik. Mereka membuat market baru untuk industri musik, lahan untuk memperkenalkan sebuah lagu. Tak sampai di situ, TikTok juga melahirkan seorang penyanyi. 

Idgitaf merupakan salah seorang penyanyi yang lahir dari TikTok. Berawal dari menjadi content creator TikTok yang suka meng-cover lagu dengan suara bagus, kontennya pun disukai banyak orang. Alasan tersebut menyebabkan idgitaf berhasil menjadi seorang penyanyi. Dia pun mengiklankan lagu pertamanya di TikTok. Menurut wikipedia, idgitaf juga memenangkan penghargaan TikTok Awards Indonesia pada tahun 2020 sebagai Best of Performers atau Penampilan Terbaik.

Banyak musisi dan studio rekaman yang memanfaatkan kesempatan ini. Baru-baru ini ada sebuah lagu yang meledak berjudul abcdefu. Lagu tersebut dinyanyikan oleh GAYLE yang mempunyai kisah unik di belakangnya. Jika kamu mengikuti tren TikTok, lagu ini menjadi terkenal karena cerita di belakangnya yang menarik.

Berawal dari akun TikTok penyanyi lagu itu sendiri yaitu GAYLE, yang menanyakan kepada pengikutnya di TikTok sebuah ide untuk lagu barunya. Salah satu pengikut GAYLE memberikan ide yang jika diartikan, "Bisakah kau membuat lagu patah hati menggunakan alfabet?" Dari situlah lahir lagu yang sedang hits berjudul abcdefu. 

Loading...

Seperti itulah garis besarnya, namun ada seseorang yang iseng mencari tahu lebih dalam dari kejadian tersebut. Seorang pengguna TikTok @danielswall membuat video tentang kejadian tersebut. Dia mengatakan bahwa setelah ditelusuri lebih dalam, pengikut GAYLE yang memberikan dia ide adalah salah satu tim marketing dari sebuah perusahaan musik, yang jika ditelusuri lagi perusahaan musik tersebut sama dengan perusahaan musik yang menaungi GAYLE. Peristiwa tersebut membuat TikTok semakin menarik bagi industri musik, karena banyak hal yang bisa menguntungkan industri musik.

Musisi pemenang Billboard Music Award Charlie Puth pun mengikuti perkembangan tersebut. Akhir-akhir ini Charlie Puth menggunakan TikTok sebagai wadah untuk memopulerkan lagu barunya yang berjudul Light Switch. Ia pun berhasil membuat banyak pengikutnya tertarik untuk mendengarkan lagu barunya tersebut.

Hal tersebut membuat sebuah peluang baru untuk para musisi pendatang yang tidak tahu harus ke mana menyalurkan lagu-lagunya. Selain itu aplikasi TikTok tidak terlalu sulit untuk dipahami, sehingga penggunanya pun banyak, mulai dari anak muda hingga dewasa.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

TikTok music
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top