Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Odelia Tiarasari

25 Juni 2019 11:28

Tidak untuk dikonsumsi, ini bahaya makan daging anjing

Faktanya, anjing dikategorikan sebagai hewan peliharaan dan bukan hewan ternak ataupun hewan yang layak konsumsi oleh manusia. .

Tidak untuk dikonsumsi, ini bahaya makan daging anjing

0



Pernah dengar istilah "Yulin Dog Meat Festival"? Festival ini kerap ramai karena di daerah China mengonsumsi daging anjing sudah menjadi tradisi tersendiri di setiap tahunnya. Gak cuma di China saja, tapi di beberapa daerah Indonesia juga masih menerapkan tradisi makan daging anjing. Sebenarnya boleh gak sih makan anjing, hewan yang kerap disebut sebagai sahabat manusia? Apa gak bahaya?

Faktanya anjing dikategorikan sebagai hewan peliharaan dan bukan hewan ternak ataupun hewan yang layak konsumsi oleh manusia. Di Indonesia hal tersebut disampaikan pada UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan, pasal (1) ayat (1) menyebutkan, daging anjing tidak termasuk dalam makanan konsumsi karena bukan merupakan sumber hayati produk peternakan, kehutanan, atau jenis lainnya.

World Health Organization atau kerap disebut WHO sendiri menyebutkan perdagangan anjing untuk dikonsumsi merupakan akibat dari penyebaran penyakit rabies. Selain dapat menimbulkan penyakit rabies, mengonsumsi daging anjing juga dapat menyebabkan manusia rentan tertular infeksi karena mengandung E. Coli 107, salmonela, antraks, hepatitis, dan leptospirosis, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berujung dengan kematian.

Sudah banyak sekali organisasi pencinta anjing menyuarakan kampanye Dog is Not Food karena banyaknya risiko penyakit yang bisa ditularkan kepada manusia. Kalau tahu banyak risiko tentang mengonsumsi daging anjing, mending makan sayur-sayuran saja deh!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#anjing #dogisnotfood #hewanpeliharaan #dog
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top