×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

18 September 2020 16:50

Tepis kekhawatiran, bos PlayStation sediakan lebih banyak stok PS5

Sony mengklaim sudah mengantisipasi lonjakan permintaan PS5, namun menurut beberapa laporan hal ini bisa diperdebatkan..

Tepis kekhawatiran, bos PlayStation sediakan lebih banyak stok PS5

0



Pengumuman tanggal rilis dan harga resmi PlayStation 5 / PS5 sudah dilakukan oleh Sony lewat showcase YouTube yang berlangsung pukul 3 dini hari WIB tanggal 17 September 2020. Secara resmi, PS5 akan mulai dijual tanggal 12 November 2020 di negara Amerika Serikat, Korea Selatan, Selandia Baru, Australia, Meksiko, Kanada dan Jepang. Region/wilayah dan negara lain seperti Timur Tengah, Afrika Selatan, Asia dan Amerika Selatan harus menunggu sedikit lebih lama yaitu tanggal 19 November 2020. Harga retailnya berapa? Harga eceran yang disarankan untuk PlayStation 5 adalah $499 untuk versi dengan Blu-ray dan versi tanpa Blu-ray adalah $399.

Tapi harga ini tidak akan dipatuhi penjual yang berstatus online scalper alias penimbun yang membeli dengan harga normal untuk kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi. Sebuah praktik yang sering terbukti dan sayangnya kembali terjadi saat Sony mulai membuka layanan pre-order / PO untuk PS5.

Tepis kekhawatiran, bos PlayStation sediakan lebih banyak stok PS5

Foto: Screen Rant

Yang terjadi adalah kekacauan. Mulai dari jurnalis video game hingga gamers menyuarakan kondisi yang hampir mirip semua, yaitu sulitnya mendapatkan jatah PO PS5. Sehingga dikhawatirkan pasokan PS5 nanti akan lebih banyak di tangan penimbun ketimbang toko-toko retail games, di mana penimbun pasti akan menjual PS5 di atas $499 lewat lapak-lapak online seperti eBay, Facebook Marketplace, dan sejenisnya.

Loading...

Tapi bos Sony PlayStation Jim Ryan dalam wawancara dengan The Washington Post tanggal 16 September 2020 menepis kekhawatiran akan kurangnya stok PS5 untuk publik. Menurut Ryan akan lebih banyak stok PS5 di awal peluncuran dibandingkan masa saat peluncuran PS4 tahun 2013 dulu. Untuk perbandingan, ada satu juta unit PlayStation 4 terjual di hari perdana penjualan. Dan total 2,1 juta unit terjual dalam waktu dua minggu sejak peluncuran resmi PS4 ke publik. Sehingga secara teoritis, Sony sudah menyiapkan lebih dari 2,1 juta unit PS5 untuk memenuhi permintaan pasar.

Tepis kekhawatiran, bos PlayStation sediakan lebih banyak stok PS5

CEO Sony PlayStation Jim Ryan. Foto: MCVUK

Lebih jauh Jim Ryan sebagai pimpinan PlayStation kemudian membanggakan fitur 'backward compatibility' PlayStation 5 untuk game-game PlayStation 4. Menurut klaim Ryan, 99% judul games PS4 dipastikan bisa dimainkan di PS5. Hal ini tentu sangat menarik buat mereka yang masih belum memiliki PS4 dan ingin langsung ‘lompat generasi’ ke PS5.

Ditambah lagi Sony memberikan fasilitas “PlayStation Plus Collection” yang akan memberikan gratis 18 judul games PS4 yang bisa dimainkan di PS5. Ini termasuk judul-judul kelas AAA seperti Uncharted, God of War, dan The Last of Us. Sehingga jika pemilik baru PS5 berlangganan PS Plus Collection, mereka akan langsung dapat memainkan 18 judul games di konsol baru mereka. Sebuah penawaran yang tentunya bermanfaat untuk menekan pengeluaran bagi mereka yang sebelumnya belum pernah memainkan game-game PS4.

Sementara dari sisi games PS5 sendiri, pemilik PS5 akan mendapatkan games yang memang khusus diciptakan untuk PS5. Di showcase PlayStation 5 tanggal 17 September 2020 sebelumnya juga Sony memamerkan beberapa judul kejutan yang sebelumnya tidak diketahui akan jadi game PS5 seperti Final Fantasy XVI dan Hogwarts Legacy di mana di game ini kamu bisa mewujudkan impian menjadi murid sekolah sihir dari novel populer Harry Potter. Walau juga dirilis di tempat lain (termasuk PC dan current gen consoles) namun ini tentu menarik buat fans PlayStation penggemar Harry Potter yang berencana membeli PS5.

Apakah stok PS5 nanti akan habis diborong penimbun sehingga calon pembeli terpaksa membeli dengan harga lebih mahal, atau Sony berkomitmen menjaga pasokan stok PS5 di pasaran sehingga penimbun tidak akan bisa menjual PS5 di atas harga yang Sony sudah tentukan ($499 dan $399)? Kita akan lihat mulai pertengahan November 2020 nanti situasinya seperti apa. Beberapa toko video games terkemuka di Jakarta terlihat ikut membuka pendaftaran pre-order / PO PlayStation 5. Kamu berminat ikutan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sony PlayStation PlayStation 5 PS5 Video games
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top