Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dadang Supena

11 Juli 2019 15:50

Telat makan bisa sebabkan sakit kepala, ini penjelasannya

Bukan hanya membuat perut merasa tidak nyaman, ketika kita measa lapar efeknya juga akan berdampak pada kepala..

Telat makan bisa sebabkan sakit kepala, ini penjelasannya

0



Banyak sekali faktor yang menyebabkan kepala menjadi pusing, misalnya kepala tegang, migrain, sinus, demam, hingga kurang tidur. Selain itu, pusing juga bisa terjadi akibat perut yang lapar. Arti lapar di sini sebetulnya buka karena perut kekurangan makanan, tapi yang telat makan. Jadi pusing adalah proses alami yang memberi isyarat kepada kita saat tiba waktunya untuk makan.

Telat makan bisa sebabkan sakit kepala, ini penjelasannya

Sumber : https://rheumapas.com

Kok Bisa yah lapar menyebabkan kepala menjadi pusing? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Makan tidak teratur.

Loading...

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kadar glukosa turun sangat rendah. Sehingga terjadi penumpukan ketegangan otot dan pelebaran rebound pada pembuluh darah. Ya, ini berarti otot pada kepala pun akan menegang, maka tidak heran jika kepala menjadi pusing.

Ini juga tidak jauh beda seperti kamu yang sering minum kopi setiap harinya, namun tiba-tiba kamu mengurangi pengonsumsiannya. Ya pusing kepala juga bisa saja terjadi karena kadar glukosa yang biasa kamu terima telah berkurang.

2. Gula darah rendah.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, kadar gula darah itu berpengaruh pada kesehatan kepala. Tidak hanya pola makan, tidur kita juga harus cukup. Tidur larut malam juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah. Ketika ini terjadi, tubuh akan melepaskan hormon untuk melawan kadar glukosa yang rendah, yang dapat memicu sakit kepala.

3. Asupan karbohidrat terlalu tinggi.

Kenapa, kan karbohidrat bagus untuk mencegah lapar? Ya, tapi jika kita mengonsumsi makanan dari bahan karbohidrat dalam jumlah yang terlalu banyak dalam satu waktu, maka akan membuat kepala menjadi pusing.

Cara mengatasi pusing saat lapar.

Sebetulnya cara ini cukup gampang. Jika kamu sakit kepala karena lapar, berarti jangan sampai kelaparan. Jaga perut kamu agar terhidar dari rasa lapar, kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi seperti kacang merah, oatmeal, wortel, brokoli, bayam, alpukat, pisang, dan makanan serat lainnya. Tapi bila kamu sudah terlanjur sakit kepala, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti, susu, yoghurt, telur, dll.

Cara mengidentifikasi sakit kepala.

Penting bagi kamu untuk mengetahui hal ini. Percuma saja kamu megobati sakit kepala tapi penyebabnya bukan dari lapar. Perhatikan cara mengidentifikasi sakit kepala karena lapar berikut ini.

1. Rasa sakit atau tekanan terjadi di kedua sisi kepala

2. Rasa sakit berasal dari bagian belakang kepala

3. Rasa sakit seperti mencengkeram dahi dan pelipis

4. Terasa tegang di bahu, leher atau wajah

Nah, gejala di atas berarti kamu mengalami sakit kepala akibat dari rasa lapar. Sekian pembahasan menganasi sakit kepala karena lapar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

sering lapar dan sakit kepala kenapa kalau lapar kepala sakit mudah lapar dan pusing sering lapar dan pusing perut kosong kepala pusing
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top