×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

06 Februari 2019 10:11

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

Jika mengira Sumo adalah olahraga paling terkenal di Jepang, maka sepertinya kamu sedikit keliru..

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

0



Setiap negara biasanya punya olahraga favorit, olahraga yang digemari sebagian besar (kalau tidak semua) warga negaranya. Ambil contoh Amerika Serikat. Rasanya sulit membantah kalau olahraga terpopuler di negara itu adalah “American Football”. Apalagi barusan ada "Superbowl" alias Final Nasional yang prestisius dan dimenangkan oleh Patriots (lagi).

Walau menggunakan nama ‘Football’ tapi olahraga ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan Football yang berlaku secara universal. American Football bukanlah ‘Sepak bola’ seperti yang kita ketahui bersama. Sepak bola yang populer di seluruh dunia itu dikenal sebagai ‘Soccer’ di Amerika Serikat. Sementara American Football ya disebut ‘American Football’ di negara manapun. Jadi American Football & Soccer merupakan dua jenis olahraga yang berbeda jenis dan popularitas di Amerika.

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

American Football (Sumber gambar: Wired)

Di Amerika, American Football jauh lebih populer dan digemari ketimbang Soccer alias Sepak bola. Bagaimana dengan negara seperti Jepang? Apa olahraga yang populer di negara itu?

Loading...

Jika kamu mengatakan “Sumo” maka kamu hampir benar. Sama seperti American Football, Sumo merupakan olahraga yang ‘khusus’ untuk negara Jepang. Olahraga tradisional ini sudah berumur ratusan tahun serta identik dengan mitologi Jepang. Tapi apakah Sumo merupakan olahraga terpopuler di Jepang? Inilah 8 olahraga terpopuler di Jepang.

 

8. Pro Wrestling (Gulat Professional).

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: Sportskeeda)

Masih ingat “Smackdown” di TV dulu? Itulah Pro Wrestling. Dalam pengucapan orang Jepang, Pro Wrestling disebut “Puroresu” yang merupakan singkatan “Pro Wrestling”. Walaupun pada dasarnya bukanlah sebuah olahraga gulat murni (lebih merupakan sebuah show/pertunjukan hiburan dengan basis olahraga), tapi Puroresu sangat populer di Jepang.

Atlet, atau aktor, Puroresu adalah selebritis di Jepang. Nama paling terkenal dari Puroresu adalah NJPW alias “New Japan Pro-Wrestling”; promotor Puroresu yang juga terkenal di negara Amerika Serikat yang punya promotor seperti WWE. NJPW sudah hadir di tengah-tengah masyarakat Jepang sejak 1972.

 

7. Boxing (Tinju).

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: Fightnews Asia)

Olahraga tinju masuk ke dalam kultur Jepang melalui pelaut-pelaut Amerika anak buah Komodor Laut Matthew C. Perry sekitar tahun 1854 di wilayah-wilayah pelabuhan Jepang. Orang Jepang yang dianggap sebagai ‘Founding Father’ olahraga tinju di Jepang adalah Yujiro Watanabe. Watanabe berlatih tinju sejak usia 16 tahun di Amerika sebelum kembali ke Jepang dan membangun sasana tinju Nippon Kento Club tahun 1921. Berbagai federasi tinju lahir sejak saat itu hingga akhirnya menjadi JPBA (Japan Pro Boxing Association) di tahun 2000. Namun hanya sedikit atlit tinju Jepang yang mampu mengukir nama dan prestasi di persaingan tinju kelas dunia.

 

6. Auto Racing (Balap Mobil).

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: The Japan Times)

Bukan balap mobil Formula 1 melainkan balap mobil sport pabrikan. Balap mobil kompetitif sudah ada di Jepang sejak era 1920-an dan jadi semakin serius saat sirkuit Tamagawa Speedway dibuka tahun 1936. Saat itu merupakan era kompetitif antara Honda dengan Nissan yang adu hebat mobil mereka di lintasan balap. Honda kemudian membuat sirkuit sendiri (Suzuka Circuit, 1962) dimana balapan Formula 1 digelar disana. Mitsubishi yang 'terganggu' lantas membuat sirkuit Fuji Speedway di awal 1960-an (sebelum kemudian diambil alih Toyota). Saat ini ada lebih dari 20 sirkuit balapan di Jepang.

 

5. Golf.

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: The Japan Times)

Ekspatriat Inggris, Arthur Hesketh Groom, ‘bertanggung jawab’ membawa golf ke dalam kultur olahraga Jepang. Hal itu terjadi di era Restorasi Meiji (1868-1912) yang memang membawa Jepang mengadopsi banyak hal dari kultur Barat, termasuk bagian olahraga. Jika dulu golf terbatas hanya untuk kalangan tertentu, kini golf dapat dimainkan oleh siapa saja di Jepang. Tidak ada batasan umur, kelas sosial maupun gender. Ingat kalau ayahnya Nobita di anime Doraemon digambarkan suka bermain golf?

 

4. Sumo.

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: Japan National Tourism Organization)

“Olahraga para dewa”. Begitu masyarakat Jepang memandang level olahraga Sumo. Olahraga ini spesial buat kultur mereka. Berawal dari ritual Shinto yang merepresentasikan pergulatan antara manusia dengan dewa, olahraga Sumo mulai menjadi olahraga profesional dengan adanya asosiasi dan turnamen sejak 1684 di Kuil Tomioka Hachiman-gu yang terletak di Tokyo.

Olahraga Sumo merupakan olahraga prestisius, di mana tiket untuk menontonnya langsung di arena tergolong mahal. Juara nasional Sumo akan mendapatkan gelar elite “Yokozuna”; yang lucunya saat ini lebih sering dipegang oleh pesumo dari negara di luar Jepang. Walaupun merupakan olahraga asli Jepang,namun banyak atlet professional Sumo yang berasal dari luar Jepang, seperti misalnya dari Mongolia.

 

3. Tennis.

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: News Activist)

Sama seperti golf, tennis masuk ke dalam kultur olahraga Jepang saat Restorasi Meiji melalui orang asing yang berada di Jepang saat itu. George A. Leland dipercaya sebagai figur penting yang mempopulerkan tennis di kalangan masyarakat Jepang. Tennis termasuk olahraga istimewa untuk publik Jepang, terutama karena lewat tennis-lah Jepang meraih medali Olimpiade pertama mereka di tahun 1920 lewat Olimpiade Antwerp, Belgia. Kaisar Akihito bertemu calon istrinya, Permaisuri Michiko, juga di lapangan tennis Karuizawa tahun 1957. Pernah baca manga atau nonton anime “The Prince of Tennis”? Manga yang bercerita soal tennis ini sudah laku lebih dari 50 juta eksemplar. Sepopuler itulah tennis di kultur olahraga Jepang modern.

 

2. Footbal/Soccer (Sepak bola).

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: FIFA)

Jepang mengenal sepak bola modern juga terjadi di era Restorasi Meiji. Siapa yang bertanggung jawab atas hal itu? Mungkin perwira British Royal Navy Inggris, Archibald Lucius Douglas. Sepak bola modern ala Inggris yang dibawanya mampu diterima oleh orang Jepang. Hal itu terjadi antara tahun 1873 hingga 1879. Tapi baru di tahun 1992 liga professional untuk sepak bola Jepang diresmikan, yaitu J-League. Pemain sepak bola Jepang juga punya prestasi di liga dunia, seperti Hidetoshi Nakata (AS Roma, Italia), Kazuyoshi Miura (Santos, Brazil) ataupun Shunsuke Nakamura (Espanyol, Spanyol).

 

1. Baseball.

Tak hanya Sumo, inilah 8 olahraga terpopuler lain di Jepang

(Sumber gambar: The Guardian)

Inilah olahraga nomer satu di Jepang. Saking populernya baseball hingga kerap muncul lelucon kalau baseball itu adalah “olahraga nasional” di Jepang. Semua anak sekolah menggemari baseball (yang oleh orang Jepang disebut “yakyuu”) dan bermimpi suatu hari dapat bermain di final pertandingan nasional baseball SMA. Final biasanya dilakukan di Stadium Hanshin Koshien, yang berkapasitas 55.000 orang. Baseball diperkenalkan di era Restorasi Meiji atau sekitar tahun 1872, sementara liga professional baseball Jepang dibentuk di 1936. Baseball Jepang sedikit memiliki perbedaan dengan baseball di Amerika, terutama di ukuran bola serta lapangan yang lebih kecil daripada di Amerika.

Di Indonesia, kira-kira olahraga apa yang paling populer ya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Jepang Terpopuler Olahraga Sumo Baseball
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

ON FIRE

MORE
Back To Top